News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perluas Akses Energi Bersih di 22 Desa Terpencil dengan Tenaga Surya, Ekonomi Ikut Tumbuh

Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hadirnya PLTS di Desa Mata Wee Lima yang terletak di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, turut menggerakkan ekonomi setempat.

TRIBUNNEWS.COM - Energi bersih dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan kini dirasakan 22 desa terpencil di empat provinsi di Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah.

Hal itu merupakan wujud kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) melalui proyek Accelerating Clean Energy Access to Reduce Inequality (ACCESS).

Dengan dukungan dari Korea International Cooperation Agency (KOICA), proyek-proyek ACCESS telah berhasil membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) off-grid serta memberdayakan operator lokal melalui pelatihan dan peningkatan kapasitas.

Tak cuma itu, proyek ini juga memperkuat lembaga lokal, khususnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memastikan keberlangsungan pengoprasian dari PLTS seraya membuka peluang pertumbuhan ekonomi lokal sekitar.

Salah satu desa yang merasakannya ialah Desa Mata Wee Lima yang terletak di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

PLTS di Desa Mata Wee Lima diresmikan pada Sabtu (31/8/2024).

Sekretaris Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Sahid Junaidi mengungkapkan hasil dari pembangunan PLTS itu mencerminkan komitmen pemerintah mencari solusi mencapai target elektrifikasi nasional.

Sahid mengatakan, secara rasio tahun 2023, pelayanan listrik PLN telah menjangkau 98,3 persen penduduk Indonesia, namun masih ada tersisa 1,7 persen yang belum mendapatkan akses.

“Di beberapa wilayah dengan kondisi geografis yang sulit, PLN menghadapi tantangan dalam membangun jaringan listrik, sehingga energi terbarukan menjadi alternatif yang sangat penting."

"Program ACCESS merupakan contoh kolaborasi strategis antara Pemerintah, KOICA, dan UNDP Indonesia dalam mengatasi tantangan tersebut. Besar harapan kami program serupa dapat direplikasi di daerah lainnya,” ungkapnya saat meresmikan PLTS, dikutip dari keterangan tertulis.

Baca juga: Percepat Transisi Energi, Waduk Saguling Jawa Barat Akan Dibangun PLTS Terapung Berkapasitas 60 MW

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Energi Bersih

Hingga saat ini, proyek ACCESS telah berhasil memasang PLTS dan infrastruktur jaringan terkait di semua provinsi target, menyediakan kapasitas listrik total sebesar 1,1 Megawatt untuk lebih dari 3.000 rumah tangga.

Lebih dari 20.000 individu merasakan dampak positif.

Selain memberikan penerangan kepada desa-desa, instalasi tenaga surya ini telah berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup di komunitas sekitarnya, menciptakan peluang baru untuk pembangunan lokal.

Sebanyak 20 BUMDes telah didirikan atau direvitalisasi, memastikan pengelolaan dan pemeliharaan PLTS yang berkelanjutan ke depan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini