News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Faisal Basri Meninggal Dunia

Sri Mulyani: Pandangan Faisal Basri Jadi Penyeimbang Bagi Kita Semua

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melayat ke rumah duka mendiang ekonom senior Faisal Basri di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berteman lama dengan mendiang ekonom senior Faisal Basri yang meninggal dunia Kamis dinihari, 5 September 2024, sejak keduanya sama-sama berkiprah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Saat Sri Mulyani bergabung di pemerintahan, Faisal Basri aktif berada di luar pemerintahan, memberi kritik-kritik tajam dan pedas. Sri Mulyani memandang kehadiran Faisal Basri di luar pemerintahan menjadi penyeimbang bagi setiap kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah melalui berbagai pandangan dan ulasannya di media.

"Dari setiap negara, mengurus perekonomian, masyarakat yang segitu besar seperti Indonesia, selalu perlunya check and balance, saya rasa pandangan-pandangan Bang Faisal memberi penyeimbang bagi kita semua," kata Sri Mulyani di rumah duka mendiang ekonom senior Faisal Basri, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).

"Saya sangat memhami beliau, sangat-sangat tulus. All is love untuk Indonesia. Jadi kita tahu agendanya beliau satu untuk yang terbaik bagi kita," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengetahui kabar Faisal Basri tutup usia dari beberapa rekannya di Kementerian Keuangan dan FE UI.

Dia terakhir intens berkomunikasi dengan Faisal Basri saat Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menjadi sorotan masyarakat ketika kedua lembaga itu menjalani transformasi.

"Beliau banyak beri masukan ke kita," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Anies Baswedan Kenang Mendiang Ekonom Faisal Basri: Dia Analis yang Netral

"Jadi sangat kami hargai dan merupakan pengingat yang baik, membantu mengurus negara untuk terus memperingatkan terutama bagi staf-staf kita, selalu ada yang mengamati, mengkritisi, dan melihat secara detail dan teliti. Buat saya secara personal itu sangat membantu," jelas Sri Mulyani.

"Karena tidak semuanya bisa kita lihat sebagai menteri, sehingga kalau dilihat dari luar itu juga akan sangat berbeda," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini