News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Agus Gumiwang Dukung Prabowo Tambah Kementerian: Angka Kementerian Itu Jangan Dibatasi

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, mendukung langkah Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto menambah jumlah kementerian.

Ia mengatakan, sejauh ini belum pernah ada pernyataan langsung dari Prabowo mengenai penambahan kementerian di eranya nanti.

Jadi, lebih baik publik mengikuti saja perkembangan yang ada.

Baca juga: PMI Manufaktur Agustus 2024 Alami Kontraksi, Menperin Sindir Kementerian/Lembaga Lain

"Itu kan ada beberapa statement dari beberapa orang, tetapi kan belum statement dari Bapak Prabowo yang mengatakan bahwa akan ada penambahan jumlah kabinet, jadi itu kita ikuti saja," kata Agus ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

"Tapi yang pasti belum ada statement dari Bapak Presiden (Terpilih Prabowo Subianto) sendiri bahwa beliau akan menambah porsi atau menambah jumlah kabinet," lanjutnya.

Agus mengklaim bahwa dirinya adalah orang pertama di publik yang menyatakan bahwa hak prerogatif Prabowo sebagai presiden terpilih tidak boleh dibatasi.

"Kalau teman-teman media bisa membuka rekam jejak, khususnya digital, saya ini orang pertama yang menyatakan secara publik bahwa tidak boleh hak prerogatif presiden dibatasi. Itu beberapa saat setelah Bapak Prabowo ditetapkan jadi presiden terpilih," ujar Agus.

Ia pun mendukung upaya Prabowo menambah jumlah kementerian. Menurut dia, angka kementerian itu jangan dibatasi.

Sebab, kebutuhan setiap presiden berbebeda-beda.

Baca juga: Ada Wacana Kemasan Rokok Dibuat Polos, Pengusaha Sebut Bakal Matikan Industri Hasil Tembakau

"Saya sudah menyampaikan statement bahwa angka kementerian itu jangan dibatasi karena kebutuhan dari setiap presiden berbeda, jadi secara prinsip saya mendukung," pungkas Agus.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengakui adanya penambahan kementerian di era Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto.

Menurut dia penambahan itu merupakan bagian optimalisasi tugas kementerian.

"Penambahan kementerian itu adalah untuk optimalisasi tugas-tugas kementerian dalam rangka kita itu memenuhi janji kampanye yang kemudian ada di astacita dan program aksi yang kemarin dilakukan pada saat kampanye," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini