News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CRING! Talks Roadshow: Hadirkan Solusi Keuangan Digital Bagi UMKM Jawa Tengah

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seminar literasi keuangan yang diselenggarakan oleh SPE Solution, CRING! Talks, kembali hadir spesial dengan melakukan roadshow di Kota Solo dan Semarang pada 29 - 30 Agustus 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Seminar literasi keuangan yang diselenggarakan oleh SPE Solution, CRING! Talks, kembali hadir spesial dengan melakukan roadshow di Kota Solo dan Semarang pada 29 - 30 Agustus 2024.

Bersama Rio Agustra Anjany - VP of Product SPE Solution dan Agid Kusprasetyo - Head of Business and Relationship SPE Solution acara ini mengangkat topik "Ubah Tantangan Menjadi Peluang: Strategi Kolaboratif Mengakses Layanan Keuangan Digital" dengan fokus membahas bagaimana pelaku bisnis terutama UMKM dapat mengambil peluang dari tantangan transformasi digital dengan kolaborasi yang strategis bersama penyedia teknologi keuangan digital seperti CRING!.

Acara ini menjadi salah satu upaya SPE Solution untuk mendukung program pemerintah dalam mendorong tingkat literasi keuangan digital di tengah pesatnya laju transformasi dalam sektor bisnis.

Agid Kusprasetyo - Head of Business and Relationship SPE Solution mengungkapkan “Acara CRING! Talks ini sejalan dengan visi SPE Solution dan roadmap blueprint Bank Indonesia untuk membantu UMKM dalam menyediakan akses teknologi keuangan yang merata bagi seluruh kalangan bisnis, acara ini adalah bukti komitmen nyata kami untuk memberikan solusi yang komprehensif bagi UMKM dalam mengakses layanan keuangan digital yang tidak hanya mudah tetapi juga terjangkau melalui produk kami CRING! Payment Facilitator”.

CRING! Talks Roadshow menjadi wadah bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM yang membutuhkan kemudahan akses terhadap layanan keuangan digital untuk saling terhubung sekaligus merupakan ajang memperkenalkan CRING! Payment Facilitator sebagai penyedia layanan keuangan digital yang aman, fleksibel, dan terjangkau bagi seluruh kalangan bisnis.

Rangkaian acara CRING! Talks Roadshow diawali oleh pemaparan presentasi bisnis yang kemudian dilanjutkan dengan sesi talk show dan tanya jawab dengan audiens terkait banyaknya kendala serta tingginya kebutuhan akan digitalisasi layanan keuangan pada bisnis di skala UMKM.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi bisnis gratis dengan para ahli di bidang teknologi keuangan digital dari SPE Solution. Pada penyelenggaraan di Solo dan Semarang, acara ini dihadiri lebih dari 120 pelaku bisnis yang sebagian besar berasal dari komunitas UMKM rekanan CRING! serta perwakilan BPD Jawa Tengah yang turut hadir pada penyelenggaraan di Kota Semarang.

“UMKM berperan sebagai penggerak ekonomi lokal, terutama di daerah pedesaan dan kota- kota kecil. Peran pemerintah dalam mendukung UMKM adalah dengan memperbaiki fasilitas yang dapat meningkatkan kemajuan UMKM. Namun, di lain sisi kita semua dihadapkan dengan era digitalisasi dimana kondisi ini dapat menjadi peluang atau malah menjadi bumerang untuk pelaku UMKM," ujar Riza Indra Kurniawan selaku Digital Banking Bank Jateng.

"Untungnya ada seminar CRING! yang memberikan wawasan kepada pelaku UMKM agar tidak takut menghadapi era digitalisasi. Harapannya kedepan CRING! dapat membantu untuk UMKM khususnya di Jawa Tengah untuk dapat mengoptimalkan digitalisasi bersama dengan CRING!” tambahnya.

Tingginya kebutuhan akan digitalisasi layanan keuangan pada bisnis di skala UMKM terlihat dari data Indeks Daya Saing Digital 2024 yang dikeluarkan oleh East Ventures di mana menempatkan Jawa Tengah pada peringkat ke 10 (sepuluh) sebagai provinsi dengan tingkat daya saing digital tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Perkuat Layanan Keuangan Digital, Bank DKI Gandeng SPE Solution

Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat akan pemenuhan layanan yang terdigitalisasi di berbagai sektor salah satunya sektor layanan keuangan digital pada bisnis. Didukung angka pertumbuhan UMKM yang terus meningkat di Jawa Tengah sebanyak 4,2 juta pada 2023, menjadikan seminar literasi keuangan digital CRING! Talks menjadi relevan.

Sejalan dengan hal tersebut, acara CRING! Talks merupakan sarana untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para pelaku bisnis khususnya UMKM tentang kemudahan mengakses layanan keuangan digital melalui kolaborasi dengan platform penyedia layanan keuangan digital CRING!.

Rio Agustra Anjany selaku VP of Product SPE Solution yang juga menjadi salah satu narasumber di acara CRING! Talks menjelaskan pentingnya literasi digital dalam mendukung kemajuan transformasi teknologi di sektor bisnis.

"Menilik dari perkembangan zaman dan generasi dewasa ini, literasi digital adalah salah satu hal penting yang harus kita tumbuhkan untuk membantu kita dalam mengejar ketertinggalan teknologi, terutama di bidang perdagangan atau bisnis. CRING! Talks hadir untuk membantu para pelaku bisnis dan mendorong mereka memanfaatkan teknologi yang menolong dan meringankan pekerjaan mereka. Dan jangan lupa, ditengah persaingan industri yang maha ketat ini teknologi akan menjadi salah satu solusi untuk menaikan omset para pelaku bisnis," ujarnya.

CRING! Payment Facilitator sebagai fasilitator produk perbankan yang menyediakan berbagai layanan terintegrasi melalui API menawarkan fasilitas portal web yang memungkinkan mitra untuk memantau dan mengontrol bisnis mereka melalui satu portal. Memiliki layanan seperti Virtual Account, QRIS, pembayaran, dan pencairan dana, CRING!

memastikan setiap transaksi data terenkripsi dan aman melalui dukungan teknis 24 jam dengan standar keamanan tinggi. Dengan skema kerja sama kemitraan yang terjangkau dan tanpa adanya biaya integrasi maupun biaya langganan, CRING! menjadi pilihan tepat bagi UMKM untuk dapat melakukan digitalisasi bisnis tanpa harus memikirkan kendala seperti modal, SDM yang terbatas, ataupun waktu integrasi yang memakan waktu lama.

Upaya CRING! dalam menghadirkan solusi bagi pelaku bisnis melakukan digitalisasi tidak hanya dalam proses transaksi tetapi juga mengatur dan mengelola operasional bisnis mereka merupakan bagian dari kemudahan yang ditawarkan bagi pelaku bisnis untuk dapat bersaing di era digital.

Melalui CRING! Talks, SPE Solution berkomitmen untuk terus mendukung upaya percepatan transformasi digital di Indonesia khususnya dalam sektor layanan keuangan digital melalui produk CRING! Payment Facilitator.

Kedepannya, CRING! Talks diharapkan dapat menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia sebagai upaya memberikan pemerataan akses digitalisasi layanan keuangan yang dapat dijangkau oleh bisnis kecil dan menengah. Dengan pengembangan platform yang terus dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada mitra CRING!, CRING! Payment facilitator siap bersaing menjadi produk layanan keuangan digital unggulan bagi UMKM di seluruh Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini