News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Akhirnya Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik dengan Investasi Rp56 Triliun

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Jawa Timur, pada Senin (23/9/2024)

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik pemurnian (smelter) tembaga dan logam mulia milik PT Freeport Indonesia (PT FI) di Gresik, Jawa Timur, Senin, (23/9/2024). Pembangunan smelter sejak tahun 2018 itu menelan investasi Rp56 triliun rupiah.

"Karena saya tahu memang ini adalah investasi yang tidak kecil, Rp56 T itu bukan uang yang kecil, uang yang gede banget," kata Jokowi.

Pembangunan smelter dilakukan sejak 2018 di atas lahan seluas 104 Hektar. Dari 1,7 ton konsentrat tembaga yang dibawa dari Papua, Smelter tersebut bisa memproduksi 900 ribu ton katoda tembaga.

"Selain itu kurang lebih 50 ton emas dan 210 ton perak," tuturnya.

Jokowi berharap dengan adanya smelter Freeport bisa melahirkan perusahaan-perusahaan turunan atau industri-industri turunan dari tembaga, di sekitar PT Freeport Indonesia. Diantaranya pabrik Cooper Foil yang sudah mulai produksi.

"Saya kira nanti akan diikuti mungkin pabrik kabel dan lain-lain untuk masuk ke negara kita, termasuk tadi yang disampaikan pak Erick Thohir mengenai selenium yang juga dihasilkan dari smelter tembaga Ini sehingga bisa diproduksi semiconductor," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini