News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenperin Sebut Proyek Bendungan Hingga IKN Bikin Kinerja Industri Semen Mengalami Peningkatan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada September 2024 naik tipis 0,08 poin menjadi 52,48 poin, dari capaian Agustus 2024 yang sebesar 52,40.

Ada 21 subsektor industri yang mengalami ekspansi, dimana nilai IKI tertinggi dicapai oleh Industri Barang Galian Non Logam dan Industri Peralatan Listrik, termasuk di dalamnya semen dan keramik.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif, mengatakan peningkatan kinerja industri semen terjadi karena adanya belanja pada proyek infrastruktur.

Baca juga: Kemenperin: Indeks Kepercayaan Industri di September 2024 Stabil, 21 Sektor Manufaktur Ekspansi

"Sudah mulai belanja, terutama proyek infrastruktur jalan. Kami lihat ada banyak proyek infrastruktur, seperti bendungan, jalan, konstruksi atau IKN juga termasuk. Itu akan meningkatkan permintaan atas material semen, besi baja. Ini yang tertangkap oleh IKI adalah industri semen," tutur Febri saat rilis IKI di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Sementara untuk industri keramik, meskipun banyak proyek infrastruktur banyak melakukan belanja, sektor ini tidak ikut terkerek naik.

Hal ini diakibatkan masih banyaknya impor produk keramik yang terjadi di dalam negeri, sehingga industri ini tidak berkontribusi pada stagnansi IKI September 2024.

"Ubin atau keramik karena banyak impor, menurut kami tidak berkontribusi terhadap kenaikan IKI," ucapnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini