News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

KBRI Tokyo Sambut Baik Kerja Sama Indonesia-Jepang Terkait Pengadaan Obat Avigan Bagi Pasien Corona

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Obat Avigan buatan Fujifilm Toyama Chemical Jepang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyambut baik rencana kerja sama Indonesia dengan Jepang terkait pengadaan obat Avigan untuk penangan pasien positif virus corona atau Covid-19.

Kerja sama bisa dilakukan baik melalui mekanisme antar pemerintah (G to G), maupun maupun kesepakatan antar swasta (B to B).

KBRI Tokyo dalam keterangannya di Instagram, Kamis (30/4/2020) menyambut baik dukungan Pemerintah Jepang dalam upaya Pemerintah Indonesia menangani penyebaran Covid-19.

Baca: Menko PMK Sebut Indonesia Alami Hibernasi Ekonomi Akibat Pandemi Corona

Hal tersebut diumumkan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe melakukan pembicaraan pada 23 April 2020.

Kedua pemimpin juga menyampaikan pentingnya memperkuat kemitraan dan kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua negara di tengah tekanan akibat pandemi corona.

Indonesia menegaskan kesiapan dan harapan kepada Jepang untuk merelokasi sektor industri/ bisnis Jepang ke Indonesia.

Baca: Kementan Ajarkan Milenial Lewat Bertani on Cloud untuk Cetak Entrepreneurs

Pembicaraan kedua kepala negara Indonesia dan Jepang menunjukan hubungan erat antara keduanya setelah sebelumnya Jepang juga mendukung pemulangan 78 WNI ABK Diamond Princess diawal tahun.

Dalam upaya menghentikan penyebaran virus corona, Jepang juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang dinilai efektif mencegah penyebaran.

Baca: Pandemi Covid-19, Bordeless Clinic Melayani Tenaga Medis Tanpa Batas

Kerja sama tersebut juga membantu KBRI Tokyo melindungi WNI di Jepang, disamping upaya rencana mendatangkan peralatan medis yang diimpor dari Indonesia.

Kepala Perwakilan KBRI Tokyo, Tri Purnajaya optimis melalui kerja sama Indonesia dan Jepang, keduanya negara dapat menjalin hubungan yang lebih berat di masa depan.

"Ditengah suasana Covid-19 ini saya berharap semua dapat bersabar dan saling membantu. Saya optimis dan yakin dengan kerjasama dan disiplin kita semua masalah ini bisa teratasi dan kita semua bisa berkumpul dan menjalin kerjasama dengan lebih baik lagi," ujar lewat video yang di unggah KBRi Tokyo, Kamis (30/4/2020).

Perwakilan Indonesia di Jepang juga menegaskan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama Indonesia-Jepang di segala bidang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini