News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Ibu Kota Dapat Tambahan 1.180 Kasus Positif Corona, Pemprov DKI Minta Warganya Selalu Jalankan 3M

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana gedung Blok G di komplek kantor Gubernur DKI Jakarta yang beroperasi seperti biasa, usai Gubernur Anies Baswedan Positif Covid-19, Selasa (1/12/2020). Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpaksa ditutup sementara setelah Anies Baswedan dan Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Provinsi DKI Jakarta mendapat tambahan 1.180 kasus konfirmasi positif Corona, pada Kamis (10/12/2020). Dengan demikian total kasus positif di ibu kota sebesar 149.018 kasus.

Dari jumlah tersebut, 90,2 persen atau 134.366 pasien sudah dinyatakan sembuh. Kasus aktif atau mereka yang positif dan masih menjalani perawatan naik 112 orang, menjadi 11.772 orang.

Sedangkan pasien positif yang meninggal dunia hari ini bertambah 20 orang, menjadi total 2.880 orang. Tingkat persentase kematian di DKI kini berada di angka 1,9 persen.

Baca juga: Kronologis Pasien Suspek Covid-19 di Majalengka Meninggal, Tak Dapat Ruang Perawatan

Baca juga: Di Saat Pandemi Covid-19, Layanan TBC Tetap Agresif dan Tak Berhenti

Baca juga: Di Saat Pandemi Covid-19, Layanan TBC Tetap Agresif dan Tak Berhenti

"Dilakukan tes PCR sebanyak 15.792 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 12.634 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 1.180 positif dan 11.454 negatif," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangannya, Kamis.

Adapun persentase kasus positif atau positivity rate di DKI Jakarta dalam sepekan terakhir sebesar 8,9 persen. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mensyaratkan standar persentase kasus positif tidak boleh lebih dari 5 persen.

Berkaitan dengan pertambahan kasus, Pemprov DKI kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan dan menjalankan prinsip 3M meliputi memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Selalu jalankan 3M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1,5 - 2 meter, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin," ucap Dwi.

Pemerintah pusat lewat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak.

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini