News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Apalah Lansia yang Minum Obat-obatan Secara Rutin Tetap Bisa Divaksinasi Covid-19?

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga lansia secara drive thru di Kemayoran Jakarta, Rabu (3/3/2021). Kementerian Kesehatan menggandeng penyedia jasa layanan kesehatan daring yaitu Halodoc menyediakan layanan vaksinasi secara drive thru bagi warga yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan mengurangi kerumunan karena para lansia tidak perlu mengantre hingga panjang. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia atau lansia masih berlangsung.

Dengan sasaran 21,6 juta orang, diharapkan vaksinasi memberikan perlindungan maksimal bagi kelompok rentan ini.

Khusus lansia ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Tidak semua lansia dapat menerima vaksin, kondisi sangat rentan pada lansia tidak diperbolehkan divaksinasi.

Sementara dengan penyakit komorbid seperti jantung, kanker, asma dimana terkontrol baik dan terkendali maka penyuntikan vaksin tetap diperbolehkan.

Wakil direktur pelayanan RSUD Koja Jakarta Utara, Rismasari mengatakan, tidak ada persiapan secara khusus yang dilakukan lansia untuk menerima vaksin.

Baca juga: Perjuangan Lansia Sembuh dari Covid-19, Keluarkan Uang Belasan Juta Tanpa Uluran Tangan Pemerintah

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Para Lansia Sebelum Vaksin

Selain memastikan diri mereka sehat, minum obat rutin sebelum dan sesudah vaksin tetap dianjurkan.

"Tidak ada persiapan khusus bagi lansia sebelum divaksinasi. Obat-obatan yang biasa di minum yang rutin silahkan saja diminum. Begitu juga vitamin tidak masalah," ujar Rismasari dalam talkshow Sonora FM, Kamis (4/3/21).

Petugas kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga lansia secara drive thru di Kemayoran Jakarta, Rabu (3/3/2021). Kementerian Kesehatan menggandeng penyedia jasa layanan kesehatan daring yaitu Halodoc menyediakan layanan vaksinasi secara drive thru bagi warga yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan mengurangi kerumunan karena para lansia tidak perlu mengantre hingga panjang. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada KIPI serius yang dilaporkan pada vaksinasi lansia di RSUD Koja.

"Mereka kami tunggu betul 30 menit setelah vaksinasi. Kami tanya apa yang dirasakan, apakah pusing, pegal, rata-rata menjawab nyeri di lokasi suntik," ungkapnya.

Rismasari berharap, lansia dapat segera melakukan vaksinasi dalam keadaan tubuh yang sehat.

"Saat divaksinasi kemudian tiba-tiba tensinya tinggi, kami tidak langsung suruh pulang. Kami tunggu istirahat 15 menit selama 3 kali. Jika sudah turun maka bisa divaksinasi. Jika tidak maka harus ditunda terlebih dahulu," jelas perempuan berhijab ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini