News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Gawat! Tempat Tidur Covid-19 di RS DKI Sudah Capai 93 Persen Telah Terisi Pasien

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pasien terkonfirmasi Covid-19 bersiap menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, dengan menggunakan bus sekolah dan ambulans dari Puskesmas Menteng, Jalan Pegangsaan Barat, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2021). Sebanyak 40 orang pasien terkonfirmasi Covid-19 dari Kecamatan Menteng menjalani perawatan di Wisma Atlet. Warta Kota/Henry Lopulalan

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menyediakan tempat isolasi mandiri, dan menambah kapasitasnya.

Berdasarkan data per 27 Juni 2021, total kapasitas tempat tidur isolasi mencapai 10.355, dan 1.260 tempat tidur ruang ICU.

Sementara untuk jumlah keterisian atau bed occupancy rate (BOR), sudah 93 persen atau 9.612 orang. Sedangkan tempat tidur ICU terisi 87 persen atau 1.096 orang.

"Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU dalam penanganan Covid-19," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangannya, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Sinovac Aman untuk Remaja, Ketua DPD RI Berharap Pandemi Covid-19 Bisa Segera Ditekan

Adapun untuk laporan kasus harian, terdapat 7.379 orang positif Corona pada Selasa ini.

Hasil itu didapat setelah 20.466 orang di tes PCR, dengan hasil 7.379 positif, dan 13.087 negatif.

Jumlah kasus aktif di Jakarta juga alami kenaikan sebesar 3.797 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 65.923 (orang yang masih dirawat/ isolasi).

Dari jumlah total kasus positif tersebut, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 461.439 dengan tingkat kesembuhan 86,1 persen, dan total 8.426 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6 persen, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,7 persen.

Baca juga: 58 Warga Kelurahan Jatirangga Bekasi Terkonfirmasi Positif Covid-19, 3 Dirawat Intensif

"Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 35,8 persen," terangnya.

Diketahui Pemprov DKI bekerjasama dengan Kementerian PUPR menyiapkan Rusun Pasar Rumput di Setiabudi, Jakarta Selatan sebagai tempat isolasi terkendali pasien positif Covid-19 tanpa gejala.

Rusun Pasar Rumput diproyeksikan memiliki kapasitas 7.936 tempat tidur.

Ruang isolasi ini disiapkan guna mengantisipasi keterisian tempat tidur di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan RS Rujukan Covid-19 yang hampir penuh.

Baca juga: Takut Jarum Suntik, Padahal Harus Vaksinasi Covid-19, Ketahui Cara Mengatasinya

Sebanyak 3 tower Rusun Pasar Rumput memiliki total 1.984 kamar.

Direncanakan setiap kamar akan ditempatkan 4 tempat tidur. Sehingga total kapasitas tampungnya sebesar 7.936 tempat tidur/pasien.

Selain Rusun Pasar Rumput, Pemprov DKI juga menyulap Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara dengan kapasitas 2.500 tempat tidur.

Serta menyediakan Graha Wisata di TMII dan Ragunan, maupun sejumlah Gelanggang Olahraga (GOR).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini