News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Cegah Varian Omicron, Kemenkes Minta Warga Tidak Lupakan Kebiasaan 3 M

Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi varian baru virus corona (Covid-19) Omicron.

Meskipun varian yang kali pertama diidentifikasi di Afrika Selatan pada awal November lalu itu kini telah masuk ke Indonesia.

Menurutnya, masyarakat hanya perlu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan selama pandemi ini.

"Tidak perlu panik karena (kepanikan) tidak akan memecahkan masalah. Tetapi harus tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan," kata Siti Nadia, dalam forum virtual bertajuk 'Membendung Transmisi Omicron', Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Catat 11 Kasus Baru Omicron, Kemenkes Imbau Masyarakat Tunda ke Luar Negeri

Ia memang mengakui bahwa saat ini masyarakat mulai bisa menjalankan aktivitas karena ada sedikit pelonggaran aturan.

Namun dirinya mengimbau agar masyarakat tidak melupakan kebiasaan untuk tetap Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak (3M).

Serta melakukan upaya Testing, Tracing, dan Treatment (3T) dan vaksinasi.

"Masyarakat harus terus melakukan perubahan perilaku dengan menjalankan protokol kesehatan, kendati aktivitas sudah bisa dijalankan," jelas Siti Nadia.

Perlu diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan Omicron dalam kategori 'varian yang menjadi perhatian' atau Variant of Concern (VoC). (Willy Widianto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini