News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Wagub DKI Sebut Klaster Perkantoran di Jakarta Pusat Jadi Epicentrum Penularan Covid-19

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana gedung bertingkat perkantoran di Jakarta, Jumat (8/10/2021). Klaster perkantoran disebut jadi epicentrum penularan Covid-19 di Jakarta saat ini.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, perkantoran kini jadi episentrum penularan Covid-19 di ibu kota.

Banyaknya klaster perkantoran pun menyebabkan Jakarta Pusat jadi wilayah dengan laju penyebaran Covid-19 tertinggi di Jabodetabek.

"Iya betul (laju penularan Covid-19 di Jakpus tertinggi), itu salah satu penyebabnya perkantoran, sehingga di Jakarta Pusat ada peningkatan," ucapnya di Balai Kota, Jumat (11/2/2022).

Guna mencegah klaster perkantoran semakin meluas, pemerintah memperketat aturan protokol kesehatan selama masa PPKM Level 3.

Perkantoran non esensial pun diminta untuk menerapkan 75 persen bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Sedangkan untuk perkantoran esensial, mekanisme yang diterapkan 50 persen WFH dan 50 persen bekerja di kantor atau work from office (WFO).

Ariza pun meminta seluruh perkantoran mematuhi aturan yang dibuat Pemprov DKI Jakarta ini.

Baca juga: Klaster Perkantoran Berkontribusi Tinggi Terhadap Laju Penularan Covid-19 di Wilayah Aglomerasi

"Kami minta pada karyawan, masyarakat yang melihat pelanggaran prokes agar dilaporkan ke kami, jangan sungkan," ujarnya.

"Termasuk kalau ada aparat kami juga melanggar dan melakukan pembiaran, laporkan ke kami," tambahnya menjelaskan.

Guna mengawasi protokol kesehatan di area perkantoran, petugas gabungan dari Dinas Tenaga Kerja hingga Satpol PP akan dikerahkan untuk melakukan sidak di perkantoran.

Dilansir dari Kompas.com, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Jakarta Pusat tercatat sebagai wilayah dengan laju penularan Covid-19 paling tinggi se-Jabodetabek.

Perhitungan ini berdasarkan data insiden kumulatif atau proporsi kasus baru Covid-19 per 10.000 penduduk dalam sepekan.

"Dalam hal ini per 6 Februari 2022 Jakarta Pusat menjadi wilayah dengan laju penularan tertinggi," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (10/2/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini