News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Segera Masuk Uji Klinis Fase 3, Vaksin Merah Putih Unair Perlu 4000 Relawan

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serah terima bibit vaksin dilakukan simbolis dari Rektor Univesitas Airlangga Muhammad kepada Direktur PT Biotis, FX Sudirman di Aula Gedung Garuda Mukti, Selasa (9/11/2021).Segera Masuk Uji Klinis Fase 3, Vaksin Merah Putih Unair Perlu 4000 Relawan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) segera masuk uji klinis fase 3. Persetujuan pelaksanaan uji klinis atau PPUK menjadi wewenang BPOM RI.

"Unair menyerahkan sepenuhnya urusan PPUK kepada BPOM. Artinya, UNAIR siap melaksanakan uji klinis fase 3 kapan pun sesuai ijin dari BPOM,” jelas Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, dikutip dari laman unair.ac.id, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Vaksin Produksi BUMN Khusus untuk Anak dan Booster, Sudah Uji Klinis Fase III

Seperti fase sebelumnya, kebutuhan relawan subyek fase 3 ini mencapai sekitar 3500-4000 relawan.

Untuk itu diperlukan masyarakat, terutama yang belum pernah divaksin untuk menjadi bagian relawan pada fase 3 ini.

ILUSTRASI vaksinasi (Freepik)

“Unair berharap dapat memenuhi timeline yang dirancang, agar karya anak bangsa ini bermanfaat secara optimal untuk negara,” ucap Prof M Nasih.

Adapun terkait pmbiayaan untuk fase 3 juga sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI. 

“Vaksin Merah Putih ini mulai A-Z-nya dikelola dan kemudian di-manage dikembangkan oleh putra putri Indonesia dan di dalam laboratorium yang ada di Indonesia. Tentu ini menjadi awal yang bagus dan sekali lagi kami sedang menunggu arahan kawan-kawan yang punya otoritas di sini yakni BPOM,” ujar Prof Nasih. 

Diketahui, vaksin besutan universitas rangking 369 versi Web QUR ini telah menjalani uji klinis fase 1 pada 9 Februari 2022 lalu.

 Terkait uji klinis fase 3, Unair sangat berkomitmen tinggi mematuhi semua mekanisme dan prosedur yang ditetapkan oleh pihak berwewenang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini