News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2023

Rekor, 76 Dapur di Makkah dan Madinah Akan Sajikan 25 Juta Box Nasi Uduk Selama Musim Haji

Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nasi uduk akan menjadi salah satu dari tiga nasi menu sarapan 206 ribu jamaah haji reguler dan petugas haji selama musim haji di Madinah dan Makkah.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Nur Thamzil Thahir

MADINAH, TRIBUN - Perjalanan spiritual 229 ribu jamaah haji Indonesia di Tanah Suci 1444 Hijriyah ini bakal catat rekor kuliner khas Indonesia juga.

"Bayangkan nanti, momen haji ini akan ada 25 juta box nasi uduk dan teman-temannya," kata seorang petugas katering PPIH di Madinah, usai survei 1 dari 21 dapur katering jemaah di kawasan Hijr, Madinah, Selasa (23/5/2023).

Nasi uduk akan menjadi salah satu dari tiga nasi menu sarapan 206 ribu jamaah haji reguler dan petugas haji selama musim haji di Madinah dan Makkah.

Baca juga: 390 Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Mendarat di Madinah

Data rilisan Media Center Haji, Untuk sarapan pagi, ada tiga jenis menu utama,: 1) Nasi Uduk dan Orek Tempe Cabe; 2) Nasi Goreng dan Teri Kacang Balado; dan 3) Nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah.

Tiga menu utama sarapan itu akan disajikan 21 dapur katering di Madinah, dan 54 dapur di daerah kerja Mekkah.

Layanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Subhan Cholid (51), di Tanah Air, pekan lalu, menyebut setidaknya ada 76 usaha katering dan jasa boga di Arab Saudi akan menyiapkan 22 juta paket konsumsi makan harian jamaah haji Indonesia selama musim haji di Mekah (54) dan Madinah (21).

Ke-207.520 jamaah itu akan menikmati 25 juta box katering, tiga kali sehari.

Ini termasuk layanan untuk 6.300-an jamaah regular tambahan dari 8000 kuota baru dari otoritas haji Arab Saudi, awal Mei 2023 lalu.

Ke-207 ribu jamaah itu terdiri dari 203 ribu jamaah haji reguler, 4.200 petugas daerah (kloter) dan PPIH Arab Saudi (nonkloter).

Rincian perusahaan jasa boga itu ada 54 perusahaan di daerah kerja (daker) Mekah dan 21 perusahan di Daker Madinah.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sejak Maret dan April 2023 lalu, telah mengontrak 75 perusahaan/dapur katering untuk melayani jemaah haji Indonesia saat di Makkah.

Di Mekah, Selasa (23/5) kemarin, Untuk memastikan kesiapan dapur, dilakukan uji kompetensi juru masak dan demo masak menu Nusantara.

"Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa nusantara yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi," terang Kepala Daker Makkah Khalilurrahman saat memberikan arahan pada giat praktik memasak menu nusantara di Makkah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini