News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Haji 2024

Antrean Haji Capai Lebih 20 Tahun, BPKH Ajak Masyarakat Daftar Haji Sejak Usia Muda

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Umat ????Muslim berdoa di sekitar Kabah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi pada 13 Juni 2024, menjelang ibadah haji tahunan. - Setelah melakukan perjalanan dari seluruh penjuru dunia ke kota suci Islam, para peziarah pertama-tama akan melakukan tawaf berjalan tujuh kali mengelilingi Kabah, kubus hitam raksasa yang didoakan umat Islam di seluruh dunia setiap hari. (Photo by FADEL SENNA / AFP)

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Sulistyowati mengatakan, antrean haji atau masa tunggu haji reguler di Indonesia mencapai lebih 20 tahun.

Dirinya mengajak masyarakat untuk mendaftar haji sejak usia muda. 

Menurutnya, hal ini agar saat mendapatkan giliran berangkat haji, jemaah masih dalam kondisi fisik yang prima. 

"Haji itu ibadah yang 80 persen aktivitas fisik. Dengan masa tunggu yang cukup panjang, masyarakat dianjurkan daftar haji saat usia muda," ujar Sulistyowati pada forum Simposium Keuangan dan Ekonomi Syariah di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (26/9/2024).

"Sehingga meskipun antreannya panjang, saat berangkat haji nanti masih berusia muda dan memiliki stamina yang prima," tambahnya. 

Sulistyowati mengungkapkan, saat ini masih ada kecenderungan warga baru di Indonesia mendaftar haji ketika usia pensiun.

Hal ini membuat saat berangkat haji nanti, usia jemaah sudah cukup tua. 

"Dengan simulasi usia pensiun di umur 60 tahun kemudian antreannya 30 tahun, maka yang bersangkutan akan haji di umur 90 tahun. Tentu sudah cukup tua," ucapnya. 

Baca juga: Puan Minta Jangan Benturkan Parpol dan KPK usai Pemecatan Tia Rahmania

Lilies mengatakan, antrean haji di Malaysia jauh lebih panjang dibandingkan Indonesia.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan banyak masyarakat di Malaysia yang telah daftar ibadah haji pada usia muda. 

"Di Malaysia antrenya seratus tahun lebih. Tetapi, menariknya yang daftar tetap banyak. Ternyata karena orang Malaysia meyakini dengan niat dan mendaftar haji, itu sudah sama dengan haji. Perkara usia apakah nutut atau tidak, itu merupakan urusan Allah," pungkasnya. 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini