News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Parlemen

Kebudayaan dan Kuliner Indonesia Buat Ekuador Terpesona

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah dan masyarakat di Ekuador sangat terpesona dengan misi kesenian Indonesia yang tampil di negara ini.

Beragam tarian, busana, dan kuliner tradisional khas Indonesia direspon luar biasa oleh masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan oleh anggota DPR RI Endang Srikarti Handayani yang memimpin misi kesenian ke Ekuador.

Endang yang ditemui sebelum mengikuti Rapat Paripurna DPR, Rabu (16/8/2017), menjelaskan, seni tari yang ditampilkan adalah tari reog, saleho, topeng ireng, dan sakira. Semuanya berasal dari sanggara tari di Boyolali, Jawa Tengah.

“Respon masyarakat Ekuador luar biasa bagus. Bahkan, tiga stasiun TV lokal menayangkan pagelaran kesenian Indonesia selama tiga hari berturut-turut. Kesenian Indonesia dinilai luar biasa hebat. Bahkan, gedung pertemuan tempat pagelaran tari ini digelar, penuh sekali,” ungkap Endang.

Misi kesenian Indonesia ini disambut langsung oleh Menteri Pariwisata Ekuador, Wakil Menteri, dan Duta Besar Indonesia untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono.

Sang Dubes lah, kata Endang, yang memfasilitasi acara ini.

“Ini permintaan Dubes. Saya datang ke sana untuk adakan pagelaran seni. Justru Dubes kita sangat kreatif ingin memperkenalkan keunggulan seni budaya Indonesia,” jelas politisi Partai Golkar.

Tak hanya seni tari, dalam pekan kesenian Indonesia itu ditampilkan pula ragam kuliner khas Indonesia.

Ada rendang, asinan, rujak, dan lain-lain. Ternyata kuliner tersebut laris manis dicicipi masyarakat Ekuador.

Tak ketinggalan seni batik Nusantara juga tampil memeriahkan pekan kesenian tersebut. Masyarakat Ekuador betul-betul dibuat terpesona dengan kekayaan batik Indonesia. Satu per satu pengunjung tertarik belajar melukis batik di atas kain mori polos.  

“Saya kagum dan bangga. Saya diberi penghargaan oleh Ibu Dubes. Piagam penghargaan juga diberikan kepada sanggar tari yang saya bawa dari Boyolali,” ucap politisi dari dapil Jateng V ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini