News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hajime Satomi, Raja Narkoba Pemasok Dana Tentara Kekaisaran Jepang Saat Perang Dunia

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hajime Satomi, pengusaha Jepang yang dijuluki Raja Narkoba, memasok uang untuk tentara kekaisaran Jepang saat Perang Dunia.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pembukaan dokumen rahasia Jepang setelah 50 tahun memunculkan informasi menarik mengenai produksi narkoba Jepang untuk tentara kekaisaran Jepang saat perang dunia dan siapa pelaku pengusaha Jepang yang terlibat perdagangan narkoba khususnya opium.

"Pengusaha itu Hajime Satomi. Kalangan elit kalangan atas pemerintahan, rasanya tak ada yang tak tahu tokoh tersebut," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (15/11/2019).

Perusahaan narkotika Jepang di masa perang menduduki Tiongkok, bermarkas di Nanjing dengan nama Hung Chi Shan Tang (atau Hong Ji Shan Tang) milik Satomi.

Dia menjual opium yang cukup banyak sehingga hampir menyamai anggaran tahunan pemerintah boneka Tokyo di Nanjing, dengan nilai 300 juta yuan pada tahun 1941, ketika anggaran tahunan Pemerintah Nanjing adalah 370 juta yuan.

Dokumen rahasia di perpustakaan nasional Diet Jepang, setebal 21 halaman itu, yang ditemukan dalam arsip di Perpustakaan Diet Nasional Tokyo, menunjukkan pedagang opium Hung Chi Shan Tang (atau Hong Ji Shan Tang yang sekarang akan dieja) terjual opium senilai 300 juta yuan pada tahun 1941, ketika anggaran tahunan Pemerintah Nanjing adalah 370 juta yuan.

Baca: Sejarah Misa Masyarakat Katolik Indonesia di Jepang Sudah Ada Sejak 40 Tahun Lalu

Baca: Shin Tae-yong Lebih Dengar Tawaran Timnas Indonesia Dibanding Klub Jepang dan China

Meskipun tidak dikenal luas di dalam negeri, perdagangan opium Jepang di Cina dianggap sebagai sumber daya keuangan yang penting bagi Tentara Kekaisaran Jepang dan pemerintah boneka Jepang baik di China, Mongolia dan Manchuria.

Garis besar transaksi opium pertama kali terungkap pada pertengahan 1980-an, ketika para sejarawan menemukan beberapa dokumen rahasia pemerintah.

Namun, banyak detail kunci tetap menjadi misteri.

Dokumen berjudul "Garis Besar Hung Chi Shan Tang," mengungkapkan sejarah perusahaan yang berbasis di Shanghai dan Nanjing, dipimpin oleh Hajime Satomi, yang diyakini sebagai pedagang opium yang dominan di Cina tengah yang dikuasai Jepang, termasuk Shanghai, hingga awal 1944.

Dokumen tersebut merinci biaya operasi perusahaan, merinci struktur harga grosir opium, aset dan utang perusahaan, serta bagaimana inflasi cepat mata uang lokal memengaruhi perdagangan narkotika.

Hung Chi Shan Tang secara teknis adalah perusahaan swasta dengan lisensi eksklusif yang dikeluarkan oleh pemerintah boneka Jepang yang didirikan di Nanjing pada tahun 1938.

Hajime Satomi, pengusaha Jepang yang dijuluki Raja Narkoba, memasok uang untuk tentara kekaisaran Jepang saat Perang Dunia. (Istimewa)

"Penemuan dokumen ini sangat penting. Sudah diketahui bahwa Hajime Satomi mengepalai Hung Chi Shan Tang dan menghasilkan keuntungan besar, tetapi detail konkretnya sulit dipahami," kata Masanao Kurahashi, seorang pakar terkemuka tentang kebijakan opium Jepang di Tiongkok dan seorang profesor di Universitas Perfektur Aichi.

Dokumen itu menunjukkan Hung Chi Shan Tang menjual 6 juta "liang," atau 222 ton, opium pada tahun 1941 ke dealer China tingkat lokal.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini