News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ilmuan Wuhan Minta Hak Paten Setelah Kembangkan Remdesivir, Antivisus Untuk Perangi Corona

Penulis: saradita oktaviani
Editor: Archieva Prisyta
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan Perawat yang Tangani Pasien Virus Corona di Wuhan Tiba-Tiba Memotong Rambut Panjang Mereka.

TRIBUNNEWS.COM – Para ilmuwan di kota Wuhan telah mengajukan permohonan untuk mematenkan Remdesivir, obat yang dibuat oleh perusahaan AS Gilead Sciences Inc. untuk mengobati penyakit virus corona.

Pematenan obat ini mungkin memicu lebih banyak konflik terkait kebijakan teknologi yang membantu memicu perang tarif Washington dengan Beijing.

Wuhan Institute of Virology yang dikelola pemerintah, yang berbasis di kota di pusat wabah, mengatakan minggu ini pihaknya mengajukan paten pada Januari bersama dengan laboratorium militer.

Baca: Sayembara Jackie Chan, Siap Beri Rp 2 Miliar untuk Siapapun yang Mampu Tangkal Virus Corona

Baca: Ternyata Hanya Butuh 15 Detik Orang Sehat Bisa Terinfeksi Pasien Virus Corona, Begini Prosesnya

Dilansir oleh South China Morning Post, jika disetujui, obat itu akan digunakan untuk memfaslitasi potensi masuknya pasar global.

Hal tersebut dikatakan oleh pihak Institute of Virology di situs resminya pada Selasa, (4/2/2020).

Remdesivir telah diuji di luar tubuh manusia.

Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa senyawa remilei Gilead dan obat malaria chloroquine – yang tidak dipatenkan, keduanya “sangat efektif” dalam pengendalian infeksi virus corona.

Baca: Sudah Habiskan Dana Rp 847 Triliun, Virus Corona jadi Wabah Paling Mahal di Dunia dalam 20 Tahun Ini

Baca: Update Virus Corona hingga 6 Februari 2020: Total 565 Orang Meninggal Dunia, 28.266 Kasus Terinfeksi

Seorang pekerja dari dinas kebersihan dan desinfeksi menyemprotkan desinfektan di kereta sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran virus baru yang berasal dari kota Wuhan di Cina di stasiun kereta api Suseo di Seoul pada 24 Januari 2020. Korea Selatan pada 24 Januari mengkonfirmasi kasus kedua dari virus seperti SARS yang telah menewaskan sedikitnya 26 di Cina, karena kekhawatiran meningkat tentang wabah yang lebih luas. Hong Yoon-gi / AFP (Hong Yoon-gi / AFP)

Hasil itu disebutkan oleh Institute Wuhan dan Beijing Institute of Pharmacology and Toxicology dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cell Research Journal.

“Karena senyawa ini (secara terpisah) telah digunakan pada pasien manusia dengan rekam jejak keselamatan dan terbukti efektif melawan berbagai penyakit,

kami menyarankan agar senyawa tersebut diuji pada pasien manusia yang menderita penyakit virus corona yang baru,” tulis para peneliti.

HALAMAN SELANJUTNYA ------------->

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini