News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Puluhan Mayat Terdampar di Sungai Gangga India, Diduga Korban Covid-19 yang Tertampung Krematorium

Editor: hasanah samhudi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sungai Gangga di India

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Puluhan mayat yang diduga korban Covid-19 terdampar di tepi Sungai Gangga di India utara.

Pejabat Distrik Ashok Kumar, Senin (10/5) mengatakan, sekitar 40 mayat terdampar di Distrik Buxar dekat perbatasan antara Bihar dan Uttar Pradesh, dua negara bagian termiskin di India.

"Kami telah mengarahkan pejabat terkait untuk membuang semua jenazah, baik untuk menguburkan atau mengkremasi mereka," kata Kumar kepada kantor berita AFP, seperti dikutip Aljazeera.

Pandemi telah menyebar dengan cepat ke pedalaman pedesaan India yang luas, membanjiri fasilitas kesehatan setempat serta krematorium dan kuburan.

Warga mengatakan kepada AFP bahwa mereka yakin mayat-mayat itu dibuang ke sungai karena lokasi kremasi kewalahan atau karena kerabat tidak mampu membeli kayu untuk pembakaran kayu bakar.

"Ini benar-benar mengejutkan kami," kata Kameshwar Pandey kepada kantor berita.

Baca juga: Jumlah Kematian Covid-19 di India Bisa Sentuh 1 Juta per Agustus, Ini yang Bisa Dilakukan PM Modi

Beberapa laporan media mengatakan jumlah mayat bisa mencapai 100 orang.

Laporan tersebut mengutip pejabat lain yang mengatakan beberapa dari mereka membengkak dan sebagian terbakar dan mungkin berada di sungai selama beberapa hari.

Menurut data resmi, sekitar 4.000 orang saat ini meninggal akibat virus corona setiap hari di India dan jumlah kematian hampir 250.000.

Tetapi banyak ahli percaya bahwa jumlah harian sebenarnya bisa beberapa kali lebih tinggi.

Hal ini terutama terjadi sekarang karena lonjakan saat ini telah menyebar ke luar kota-kota besar ke daerah pedesaan di mana rumah sakit sangat sedikit dan jarang dan pencatatannya buruk.

Baca juga: India Catat Lebih dari 4.000 Kematian akibat COVID-19 dalam Sehari

Rekrut Pensiunan

Hari Minggu (9/5) lalu, Kementerian Pertahanan India menyatakan, India merekrut ratusan pensiunan tenaga medis tentara untuk mendukung sistem perawatan kesehatannya yang kewalahan akibat lonjakan kasus Covid-19.

Ini disampaikan saat negara itu bergulat dengan rekor kasus infeksi dan kematian Covid-19, seperti dilansir Channel News Asia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini