News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Bidik Kerja Sama Perdagangan Makanan Beku dengan Kenya

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto bersama Dubes RI Nairobi dengan para tamu yang hadir pada Forum Bisnis Kenya-Indonesia.

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, NAIROBI – Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Nairobi membidik berbagai kesempatan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Kenya lewat forum bisnis, terutama dalam sektor makanan beku.

Kali ini, KBRI Nairobi bekerja sama dengan PT Unirama Sukses Internasional (Unirama), perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang makanan beku, dan Kenya National Chamber of Commerce and Industry (KNCCI).

“Dalam memperkuat hubungan perdagangan antara Kenya dan Indonesia, KBRI Nairobi senantiasa mendorong hubungan antara sektor usaha kedua negara,” kata Duta Besar Indonesia untuk Kenya, Mohamad Hery Saripudin dalam pernyataannya, Kamis (19/5/2022).

Dubes RI mengatakan, forum bisnis diselenggarakan di Wisma Indonesia di Nairobi, Kenya (12/5/2022) lalu.

Baca juga: KBRI Tunis Promosikan Kopi Indonesia untuk Geliatkan Lagi Ekspor

Dari forum ini, Unirama berhasil menyepakati 4 Memorandum Saling Pengertian (MSP) dengan 3 perusahaan Kenya untuk membahas tindak lanjut kerja sama ke depan.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian inisiatif KBRI Nairobi dalam upaya mempromosikan perdagangan antara Indonesia dan Kenya,” jelas Dubes Hery.

Hery mengatakan KBRI Nairobi senantiasa aktif dalam menghubungkan sektor usaha Indonesia dan Kenya, bahkan saat pandemi Covid-19.

Pihaknya juga berupaya mengeksplorasi berbagai kesempatan kerja sama melalui berbagai kegiatan perdagangan, antara lain Hybrid Trade Showcase pada September 2021.

“Ada pembukaan galeri dagang KBRI Nairobi bertajuk Soko La Indonesia pada Oktober 2021, penyelenggaraan Bisnis Forum Indonesia-Kenya pada Januari 2022 dan sebagainya,” tambahnya.

Dubes RI membeberkan, pada tahun 2021 nilai perdagangan antara Indonesia dan Kenya untuk pertama kalinya melampaui USD 500 juta (USD 551,9 juta lebih tepatnya) atau setara lebih dari Rp 8 triliun.

Angka ini merupakan peningkatan lebih dari 35 % dari USD 414 juta pada tahun 2020.

Walau hal tersebut merupakan tren yang sudah terlihat sejak 2016, tren tersebut lebih tampak semenjak mulainya pandemi Covid-19 pada tahun 2020.

Baca juga: MPR RI Apresiasi Atensi KBRI di AS & KJRI San Francisco Terhadap Mahasiswa Indonesia

“Hubungan bilateral politik antara Indonesia dan Kenya tergolong kokoh. Namun, potensi di antara kedua negara belum sepenuhnya tereksplorasi bagi kemaslahatan Bersama,” ujarnya.

Di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, pada tahun 2014 Indonesia mulai memfokuskan diplomasinya untuk mencari kesempatan kerja sama dengan mitra non-tradisional, termasuk di kawasan Afrika.

Pada 17 Maret 2022, pemerintahan Kenya telah secara resmi membuka Kedutaannya di Jakarta.

Pembukaan Kedutaan Kenya di Jakarta ini dilakukan setelah pembukaan hubungan diplomatik pada tahun 1979.

“Pembukaan Kedutaan baru di “Ibu kota ASEAN” mengirimkan pesan positif bahwa pemerintah dan sektor swasta Kenya lebih agresif dalam mempromosikan hubungan bilateral,” lanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini