News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Picu Ketegangan Dunia, Berikut Kronologi Hingga Fakta Rudal Hantam Polandia

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden AS Joe Biden (Tengah), Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkumpul untuk mengadakan pertemuan darurat untuk membahas serangan rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, di garis samping KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, di pulau resor Indonesia Bali pada 16 November 2022. (Photo by SAUL LOEB / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA – Sebuah ledakan yang menewaskan dua warga sipil di wilayah perbatasan Polandia, tak hanya memicu ketegangan aliansi politik dan militer internasional atau North Atlantic Treaty Organization (NATO) namun juga mengirim gelombang kejut bagi masyarakat dunia.

Munculnya serangan rudal pada Selasa (15/11/2022) bahkan mendorong spekulasi publik tentang adanya perang dunia ketiga antara Rusia dengan aliansi NATO.

Mengingat Insiden tersebut terjadi bersamaan dengan memanasnya serangan rudal Rusia pada kota-kota di Ukraina. CNBC International menulis, sedikitnya ada 85 rudal yang ditembakkan Rusia ke Ukraina selama sebulan terakhir.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-267: Rudal Jatuh di Polandia, Diduga Bukan Serangan Moskow

Lalu apa saja kronologi dan fakta-fakta mengenai serangan rudal yang menghantam anggota NATO, berikut rangkuman dari wartawan Tribunnews.

Kronologi

Serangan rudal yang memicu ledakan dan memakan korban dua warga Polandia terjadi pada Selasa siang pukul 15.40 waktu setempat, sebelum menghantam lumbung biji-bijian di desa timur Przewodow, dekat perbatasan Ukraina. Rudal tersebut sempat melewati kawasan udara Polandia.

“Penduduk desa mengatakan kepada media lokal bahwa sebuah rudal telah menghantam fasilitas pengeringan biji-bijian, dekat sebuah sekolah di Przewodow pada pukul 15:40,” ujar Kementerian Luar Negeri Polandia.

Munculnya serangan ini sontak meningkatkan potensi eskalasi besar dari perang yang tengah terjadi antara Rusia dan Ukraina. Bahkan negara-negara Baltik yang menjadi anggota NATO dengan lantang menekankan kesiapan untuk mempertahankan Polandia.

Bahkan imbas serangan tersebut beberapa negara G20 yang juga tergabung dalam aliansi G7 dan NATO mengadakan rapat darurat di Bali pada Rabu (16/11/2022) untuk membahas serangan Rusia ke Ukraina, yang juga diduga mengenai wilayah Polandia. Langkah tersebut diambil, lantaran Polandia sendiri merupakan negara anggota pakta organisasi aliansi militer yang dikenal sebagai NATO.

Rusia Menolak Tuduhan

Rusia menolak tuduhan terkait tembakan rudal ke wilayah Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina dan menewaskan dua warga Polandia. Bantahan ini disampaikan Rusia tak lama setelah pemerintah Polandia menyampaikan laporan penembakan rudal di pemukiman Przewodow.

Bahakan Rusia turut memanggil Dubes Polandia usai Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui media sosialnya menuding Rusia telah menewaskan dua orang Polandia, hingga memicu ketegangan di kawasan zona Eropa.

Baca juga: Presiden Ukraina Ngotot Bantah Tembakkan Rudal ke Polandia yang Bikin Marah NATO

Polandia Sebut S-300 Milik Ukraina

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini