News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu Malaysia

Anwar Ibrahim Ungkap Prioritas Utamanya setelah Resmi Jadi Perdana Menteri: Kendalikan Biaya Hidup

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat Anwar Ibrahim berdoa setelah mengambil sumpah dalam upacara pengambilan sumpah di Istana Nasional di Kuala Lumpur pada 24 November 2022. Anwar Ibrahim beri sambutan singkat di hari pertama masuk kerja sebagai perdana menteri, sebut prioritasnya adalah masalah biaya hidup dan inflasi.

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik, Anwar Ibrahim mengatakan bahwa mengatasi inflasi akan menjadi prioritas utama pemerintahannya.

Hal itu sesuai dengan janji koalisinya untuk mengendalikan harga barang-barang pokok, Malay Mail melaporkan.

"Apa yang akan menjadi prioritas saya? Biaya hidup," ujar Anwar dalam sebuah sambutan singkat di Putrajaya beberapa jam setelah ia memasuki kantor perdana menteri Jumat (25/11/2022) pagi.

Tingkat inflasi bulanan negara itu telah mencapai tingkat rekor terendah sepanjang tahun karena invasi Rusia ke Ukraina, Covid-19, serta efek pemanasan global yang terus mengganggu rantai pasokan.

Indeks harga konsumen (CPI) Malaysia naik sebesar 4 persen dari tahun sebelumnya di bulan Oktober, menurut data pemerintah.

CPI bahkan meningkat 4,5 persen pada bulan September.

Baca juga: Dino Patti Djalal: Anwar Ibrahim itu Sahabat Indonesia Sudah Lama

Anwar Ibrahim dilantik sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia pada Kamis (24/11/2022) sore, mengakhiri kebuntuan politik yang berlangsung hampir lima hari sejak pemilihan umum ke-15 pada Sabtu lalu.

Pengangkatannya setidaknya untuk sementara akan meredakan ketegangan antara koalisi politik besar yang bersaing untuk memimpin.

Tidak ada koalisi yang memperoleh cukup kursi untuk membentuk pemerintahan federal sendiri sekarang.

Anwar memimpin pemerintahan koalisi yang terdiri dari Pakatan Harapan, Barisan Nasional, Gabungan Parti Sarawak dan Gabungan Rakyat Sabah.

Ini berarti dia mendapat dukungan dari setidaknya dua pertiga anggota dari Majelis Rendah Parlemen.

Namun pakar memperingatkan tentang kemungkinan perubahan di masa depan mengingat perbedaan ideologis antara koalisi-koalisi itu.

Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat Anwar Ibrahim (tengah, kanan) dan istrinya Wan Azizah Wan Ismail mengambil bagian dalam upacara pelantikan di Istana Nasional di Kuala Lumpur pada 24 November 2022. (MOHD RASFAN / POOL / AFP)

Baca juga: Perjalanan Karier Politik Anwar Ibrahim, dari Penjara Kini Ditunjuk sebagai Perdana Menteri Malaysia

Sementara itu, pasar telah merespons positif penunjukan Anwar sebagai perdana menteri.

Ringgit melonjak dua hari berturut-turut hingga pagi ini, naik mendekati 1 persen terhadap dolar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini