News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perang Saudara di Sudan

Ketegangan Ekonomi Warga Sudan Berdampak Pula dengan Negara Tetangganya

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar bandara Khartoum pada 15 April 2023, di tengah bentrokan di ibu kota Sudan. - Ledakan mengguncang ibu kota Sudan pada 15 April ketika paramiliter dan tentara reguler saling menyerang pangkalan satu sama lain, beberapa hari setelah tentara memperingatkan negara itu berada pada titik balik yang berbahaya. (Photo by AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NDJAMENA - Ketegangan ekonomi warga Sudan yang melarikan diri dari konflik negaranya kini dirasakan pula oleh sederet negara tetangganya.

Di Chad, orang beradaptasi dengan kenaikan harga barang yang telah meningkat hingga 70 persen dalam hitungan minggu.

Ini menurut Ahmed Idris dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Adre di Chad.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (1/5/2023), seorang penduduk Adre bernama Adam Ibrahim Dahab mengatakan bahwa saat ini semakin sulit untuk membeli makanan empat kali sehari.

Sedangkan pengungsi sekaligus pebisnis Sudan di kota perbatasan, Bishara Ishaq menuturkan bahwa 'siapapun yang kini memiliki saham, akan mencoba menjualnya dengan harga yang lebih tinggi'.

Pemerintah Chad akan mempertimbangkan untuk mensubsidi biaya, karena para pengungsi Sudan yang tiba di negara itu tengah menghadapi kekurangan tempat tinggal dan makanan.

Di Sudan Selatan, masuknya warga Sudan juga menekan sumber daya yang langka

Namun, hubungan erat antar negara mengindikasikan bahwa saat ini ada banyak upaya solidaritas yang dilakukan untuk membantu warga Sudan.

Baca juga: Sempat Berhenti, Program Pangan Dunia Kembali Beroperasi di Sudan

Orang-orang telah mengumpulkan makanan dan obat-obatan untuk dikirim bersama dengan pesawat kargo demi membantu warga Sudan yang berada di perbatasan.

Sumber

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini