News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kim Jong Un Tegur Perdana Menterinya, Dinilai Tak Bertanggung Jawab Atasi Banjir: Sikap Kerja Lemah

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar ini diambil pada tanggal 21 Agustus 2023 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada tanggal 22 Agustus 2023 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) berada di perairan dalam limbah saat ia mengunjungi lokasi restorasi tanah reklamasi yang mengalami kerusakan kareana banjir akibat jebolnya tanggul di bagian barat kota pelabuhan Nampo.

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memarahi Perdana Menteri Kim Tok Hun atas sikap yang dinilai tidak bertanggung jawab dalam mencegah kerusakan akibat badai tropis.

Pejabat itu dinilai tidak bertanggung jawab karena membiarkan air laut membanjiri sawah setelah tanggul jebol di area reklamasi di pantai timur, NK News melaporkan.

Kim menjelaskan, bahwa kerusakan yang terjadi bukanlah malapetaka karena bencana alam, melainkan malapetaka buatan manusia karena "tidak bertanggung jawab dan ketidakdisiplinan para pemalas.

Pemimpin Korea Utara tersebut, memeriksa banjir di Kompleks Reklamasi Tideland di Provinsi Phyongan Selatan pada hari Senin (21/8/2023), menurut Rodong Sinmun.

“Ada masalah besar dalam sikap kerja yang lemah dan sudut pandang yang salah dari Perdana Menteri Kabinet,” kata Kim.

Kim juga mengkritik kabinet Perdana Menteri Kim Tok-hun karena ceroboh dalam merencanakan perekonomian.

Dia mengatakan, bahwa peraturan administratif dan ekonomi telah menjadi "sangat tidak teratur", menurut Kantor Berita Pusat Korea Utara.

Baca juga: Korea Utara Kecam Latihan Militer Korea Selatan-AS, Peringatkan Pecahnya Perang Termonuklir

Gambar ini diambil pada tanggal 21 Agustus 2023 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada tanggal 22 Agustus 2023 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) berada di perairan dalam limbah saat ia mengunjungi lokasi restorasi tanah reklamasi yang mengalami kerusakan akibat banjir akibat jebolnya tanggul di bagian barat kota pelabuhan Nampo. (STR/KCNA VIA KNS/AFP)

Kim Jong Un mengenakan kemeja putih dan terlihat mencebur ke sawah.

Badannya terendam air setinggi pinggul.

Jabatan Perdana Menteri mungkin Digantikan

Komentar tajam Kim memicu spekulasi bahwa mungkin perdana menteri akan diganti, lapor Korea Times.

"Saya tidak bisa tidak mengungkapkan penyesalan atas pemikiran dan tindakannya yang tidak sesuai untuk seorang perdana menteri yang memimpin komando ekonomi negara dan bertanggung jawab atas kehidupan rakyat," kata Kim seperti dikutip oleh KCNA.

"Ada kebutuhan untuk meninjau dengan jelas sikap dan perspektif ide perdana menteri yang tidak bertanggung jawab."

Baca juga: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Rudal Taktis

Kim juga menginstruksikan para pejabat untuk melacak dan menghukum keras pejabat yang tidak dewasa secara politik dan intelektual.

Kim Jong Un juga menekankan, bahwa pejabat yang tidak rajin dalam menjalankan tugas tidak akan dimaafkan, menurut KCNA.

Pernyataan tajam Kim Jong Un tersebut, muncul ketika Korea Utara sedang bergulat dengan kesulitan ekonomi dan kekurangan pangan kronis.

Situasi Korea Utara semakin parah akibat sanksi global berkepanjangan dan penutupan perbatasan ketat yang bertujuan untuk menangkal Covid-19, lapor Yonhap.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini