News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Sistem Pertahanan Udara Rusia di Krimea Dihancurkan Ukraina

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengambilan video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 9 Februari 2022 menunjukkan awak tempur sistem pertahanan udara S-400 mengambil tugas tempur selama latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarus sebagai bagian dari inspeksi Pasukan Respons Negara Kesatuan, di lapangan tembak di wilayah Brest, Belarusia. Rusia dan Belarus melancarkan latihan militer bersama meskipun ada kekhawatiran di negara-negara Barat bahwa Moskow merencanakan eskalasi besar-besaran konflik di Ukraina. Ukraina mengatakan pihaknya telah menghancurkan sistem pertahanan udara yang canggih milik Rusia di wilayah Krimea. Selebaran / Kementerian Pertahanan Rusia / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan pihaknya telah menghancurkan sistem pertahanan udara yang canggih milik Rusia di wilayah Krimea.

Dilansir BBC, badan keamanan Kyiv (SBU) dan angkatan laut melakukan serangan terhadap fasilitas Rusia di dekat Yevpatoriya menggunakan rudal jelajah dan drone.

Namun, Moskow belum memberikan komentar terkait kejadian tersebut.

Sebaliknya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya telah menembak jatuh beberapa drone udara Ukraina.

Baca juga: Propagandis Rusia Dalam Bahaya, Jadi Target Utama Pembasmian Agen Rahasia Ukraina

Mereka juga menggagalkan serangan terpisah Ukraina terhadap kapal patroli angkatan laut.

Sementara itu, sejumlah ledakan dilaporkan terjadi di semenanjung Krimea, yang diduduki secara ilegal oleh Rusia pada tahun 2014, Kamis (14/9/2023).

BBC menambahkan bahwa operasi Ukraina menggunakan drone untuk menghancurkan peralatan radar.

Kemudian rudal jelajah untuk menyerang peluncur rudal pertahanan udara.

"Setelah menonaktifkan stasiun radar, unit angkatan laut menyerang sistem ‘Triumph’ S300 dan S400, senilai 1,2 miliar dolar AS, dengan dua rudal jelajah Neptunus," kata sumber intelijen BBC.

Rudal Neptunus dirancang oleh militer Ukraina untuk penggunaan angkatan laut, tetapi telah dimodifikasi untuk sasaran darat juga.

Tidak ada rincian yang diberikan mengenai jumlah peralatan yang terkena serangan.

Pengambilan video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 9 Februari 2022 menunjukkan awak tempur sistem pertahanan udara S-400 mengambil tugas tempur selama latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarus sebagai bagian dari inspeksi Pasukan Respons Negara Kesatuan, di lapangan tembak di wilayah Brest, Belarusia. Selebaran / Kementerian Pertahanan Rusia / AFP

Sebaliknya, Kementerian Pertahanan Rusia meremehkan pentingnya serangan itu dan mengatakan bahwa mereka menembak jatuh 11 drone di Krimea.

Pejabat lokal yang ditunjuk Rusia belum melaporkan adanya kerusakan pada fasilitas militer atau sistem pertahanan udara.

Sistem pertahanan udara S400 telah beroperasi sejak tahun 2007, dan merupakan versi upgrade dari S300 era Perang Dingin.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini