News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Fakta 'Mini Gaza', Kota Hantu di Gurun Tempat Latihan Tentara Israel Sebelum Masuk Gaza Sungguhan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PERANG KOTA - Tentara Israel dikerahkan di daerah di mana warga sipil terbunuh di kota selatan Sderot pada 7 Oktober 2023. Setidaknya 40 orang tewas di Israel selama pertempuran dengan pejuang Palestina pada 7 Oktober, kata layanan medis darurat Magen David Adom dalam sebuah pernyataan. penyataan. (Oren ZIV / AFP)

Fakta-Fakta 'Mini Gaza', Kota Hantu di Gurun Tempat Latihan Tentara Israel Sebelum Masuk Gaza Sungguhan

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pertahanan Israel, IDF, tampaknya bersiap melakukan invasi darat ke Gaza menyusul serangan Hamas pekan lalu.

Pihak berwenang Israel mengatakan pada Kamis (12/10/2023) sejauh ini sebanyak 1.300 orang Israel tewas dalam serangan pejuang Hamas Palestina tersebut.

Israel membalas dengan membombardir Gaza tanpa henti selama kurang lebih sepekan.

"Serangan Israel telah menewaskan 1.799 warga Palestina per Jumat (13/10/2023)," menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Baca juga: Pasukan Israel Bersiap Ground Fighting Masuk Gaza, Perang Kota Lawan Hamas Bakal Berdarah-darah

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan, ribuan bom dalam beberapa ke Gaza yang menewaskan banyak korban sipil dan anak-anak itu hanya permulaan.

Rupanya, IDF bersiap melakukan serangan darat dengan masuk menyerbu ke dalam Kota Gaza.

Israel lalu memberi waktu 24 jam kepada 1,1 juta orang di Gaza utara untuk mengungsi ke bagian selatan Jalur Gaza menjelang serangan darat tersebut.

PBB mengatakan permintaan itu tidak mungkin dilakukan tanpa menimbulkan konsekuensi kemanusiaan yang buruk.

Baca juga: Ultimatum Gila Israel ke Warga Gaza, Eksodus Satu Juta Orang dalam 24 Jam Sama Saja Menyiksa Manusia

Berlatih di Mini Gaza

Terkait ground fighting dan potensi perang kota yang terjadi di Gaza, IDF diketahui belum mengirim pasukan darat mereka ke Gaza sejak tahun 2014.

Namun, rupanya mereka telah melatih tentaranya di kota hantu, sebuah fasilitas militer bernama Urban Warfare Training Center, Pusat Pelatihan Perang Perkotaan.

Tentara Israel menyebutnya "Mini Gaza."

Kota tiruan ini dibuat semirip mungkin dengan geolokasi dan suasana Gaza.

Bukan cuma struktur dan infrastruktur bangunan, sampai-sampai grafiti dan suara azan pun dibuat di kota tiruan ini.

Berikut fakta-fakta kota hantu di gurun yang disebut tentara Israel sebagai 'Mini Gaza', tempat Pasukan Israel berlatih untuk perang perkotaan tersebut:

Baca juga: Menteri Israel: Bantuan Kemanusiaan Tak Boleh Masuk Gaza, Mereka Tak Tahu Berterima Kasih

Terletak di Israel Selatan di Pangkalan Militer Zeelim

Pemandangan Pusat Pelatihan Perang Perkotaan IDF, yang dirancang sebagai tiruan desa Palestina, di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

 

Dibangun Tahun 2005, Associated Press: Pembangunan Habiskan 45 Juta Dolar (Rp 706 M) 

Tentara Israel membawa amunisi di samping grafiti yang menampilkan bendera Palestina, selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 25 Mei 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

 

Seluas 60 Hektar, IDF: Dibangun untuk Simulasi Kota Gurun Modern yang Otentik

Tentara Israel mengambil posisi selama sesi pelatihan simulasi perang kota di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Baca juga: Persenjataan Berlimpah Hamas: Faktor Iran, Terowongan Rahasia, Hingga Pabrik Rudal Lokal

Punya Lebih dari 600 Bangunan, Ada yang Setinggi Delapan Lantai Serta Gang-gang Sempit Berkelok-kelok

Tentara Israel berpartisipasi dalam sesi pelatihan simulasi perang kota di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

 

Struktur Fasilitas Bervariasi, Dari Kompleks Apartemen Besar hingga Sekolah, Gubuk, Pasar, Masjid, dan Bangunan Umum

Tentara Israel membawa perbekalan pada akhir sesi latihan perang perkotaan di fasilitas pelatihan tentara di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 10 Februari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Dibuat Sepersis Mungkin dalam Meniru Lingkungan Perkotaan seperti di Gaza, Tepi Barat, dan Lebanon Selatan

Tentara Israel beristirahat di samping mural yang menggambarkan mendiang pemimpin Hamas Sheikh Ahmad Yassin, selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara, di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Dibuat Agar Tentara Israel Berlatih Tempur di Jalan-Jalan Sempit Khas Perkotaan

Seorang tentara Israel yang berpura-pura menjadi militan Palestina tergeletak di tanah selama sesi pelatihan simulasi perang kota di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

 

Dinding Beton di Fasilitas Tersebut Dipenuhi Pesan-Pesan Seperti "Free Gaza", Menciptakan Suasana Kota Sealami dan Semirip Mungkin

Seorang tentara Israel membaca buku di samping grafiti yang menampilkan bendera Palestina, selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 9 November 2021. ( Oded Balilty/Associated Press)

IDF Punya Seniman Grafiti Resmi untuk Membuat Mural-Mural yang Biasa Terlihat, Laporan AP: Termasuk Mural Pejuang Palestina yang Tewas

Tentara Israel beristirahat di bawah mural pudar pejuang Palestina yang terbunuh, selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara, di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

AP: Adzan Bahkan Dikumandangkan di Fasilitas Tersebut Agar Mirip dengan Suasana Kota Sungguhan

Tentara Israel memanjat tembok saat mereka melakukan serangan tiruan selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara, di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 24 Januari 2022. s (Oded Balilty/Associated Pres)

Klaim IDF: Salah Satu Prioritas Latihan dengan Miniatur Otentik Kota Ini untuk Meminimalkan Korban Jiwa Warga Sipil

Tentara Israel mengarahkan senjatanya ke arah rekan mereka yang berpakaian seperti militan Palestina, saat dia keluar dari terowongan palsu, selama sesi pelatihan yang mensimulasikan pertempuran perkotaan di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Beberapa Tentara Israel akan Berpura-pura Jadi Anggota Militan Selama Latihan

Seorang tentara Israel berpakaian seperti militan Palestina, berpose untuk foto selama sesi pelatihan simulasi perang kota di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Pasukan dari Negara-Negara Sekutu Israel, Termasuk AS dan Negara di Eropa, Juga Ikut Berlatih di Fasilitas Tersebut

Tentara Israel membeli minuman dingin selama latihan perang perkotaan di fasilitas pelatihan tentara di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Area Sangat Luas Cukup Buat Latihan yang Melibatkan 2.000 Tentara

Tentara Israel memanjat tembok saat mereka melakukan serangan tiruan selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara, di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 24 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

The Jerusalem Post: Fasilitas itu Jadi Lokasi Syuting Serial TV 'Fauda'

Fauda adalah serial televisi Israel yang berfokus pada konflik Israel-Palestina dan aktivitas unit rahasia Israel dalam Pasukan Pertahanan Israel.

Tentara Israel beristirahat di dalam mobil yang rusak, selama latihan perang kota di fasilitas pelatihan tentara di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 4 Januari 2022. (Oded Balilty/Associated Press)

Saat Tidak Digunakan untuk Pelatihan Militer, Kota Tiruan Itu Jadi Kosong, Berubah Menjadi Kota Hantu di Gurun Pasir

Sebuah coretan menunjukkan sosok seorang militan di Pusat Pelatihan Perang Perkotaan IDF, yang dirancang sebagai tiruan desa Palestina di pangkalan militer Zeelim, Israel selatan, 9 November 2021. (Oded Balilty/Associated Press)

Disclaimer: Sumber foto dicuplik merujuk url, Semua foto diambil oleh Oded Balilty dari Associated Press

(oln/BI/TJP/AP*)
 


 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini