News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Netanyahu Kesal Dikritik Spanyol dan Belgia, Sanchez: Israel Harus Akui Negara Palestina

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam foto selebaran yang dirilis oleh La Moncloa pada 23 November 2023, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (tengah) berfoto bersama Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo (kiri) dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez selama pertemuan mereka di Jerusalem.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Israel tersinggung dengan kritikan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo.

Kantor Kementerian Luar Negeri Israel memanggil duta besar dari kedua negara itu setelah kedua perdana menteri Eropa itu mengunjungi pemimpin Israel dan Palestina pada Kamis (23/11/2023).

Israel menuduh Spanyol dan Belgia mendukung terorisme setelah menyerukan agar diterapkan gencatan senjata dan Israel berhenti membunuh warga sipil di Jalur Gaza.

"Kami mengutuk keras pernyataan perdana menteri Spanyol dan Belgia yang tidak menganggap Hamas bertanggung jawab penuh atas kejahatan kemanusiaan," kata kantor perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Jumat (24/11/2023).

Pihak Spanyol menanggapi pernyataan Israel melalui Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albarez dalam siaran TV pada malam harinya.

Spanyol mengatakan tuduhan pemerintah Israel adalah salah dan tidak dapat diterima, seperti diberitakan Reuters.

Baca juga: Hamas Bebaskan 13 Sandera Israel dan 11 WNA dari Gaza di Hari ke-1 Gencatan Senjata

Spanyol dan Belgia Kritik Israel

Sebelumnya, Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo berbicara dalam konferensi pers di penyeberangan Rafah-Mesir di perbatasan Jalur Gaza, Jumat (24/11/2023).

Keduanya telah mengunjungi Yerusalem untuk bertemu Perdana Menteri Israel Netanyahu dan Ramallah untuk bertemu Presiden Otoritas Pembebasan Palestina (PLO), Mahmoud Abbas pada Kamis (23/11/2023).

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (Kiri) dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo (kanan) mengadakan konferensi pers bersama di perbatasan Rafah sisi Mesir dengan Jalur Gaza, di provinsi Sinai timur laut, pada 24 November 2023. (STR/AFP)

Baca juga: Warga Sambut Tahanan Palestina Bawa Bendera Hamas, Israel Marah: Kamu Bisa Dipenjara Lagi

Spanyol mengatakan Israel berhak membela diri dari Hamas, namun tidak seharusnya membunuh warga sipil.

"Israel mempunyai hak untuk membela diri. Namun, hak ini tidak dapat mencakup kematian warga sipil yang tidak bersalah, termasuk ribuan anak-anak, di Gaza," kata Pedro Sanchez, dikutip dari AA.

"Pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil tidak berdosa di Gaza, termasuk ribuan anak, benar-benar tidak dapat diterima," lanjutnya.

"Menemukan solusi terhadap krisis Gaza saja tidak cukup," tambahnya.

Menurutnya, Israel harus menjadi pihak pertama yang mengambil pendekatan komprehensif untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, termasuk di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

"Masyarakat internasional dan Israel harus mengakui negara Palestina," katanya, mendesak agar solusi 2 negara kembali dibahas.

Presiden Palestina Mahmud Abbas (tengah) bergandengan tangan dengan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo (kanan) dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez selama pertemuan mereka di kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki pada 23 November 2023. (Alaa BADARNEH / POOL / AFP)

Baca juga: Cegah Kekerasan Israel-Palestina Terus Berulang, PM Spanyol Desak Resolusi 2 Negara

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini