News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Mungkinkan Banjiri Terowongan Pakai Air Laut Pengaruhi Pasokan Air Gaza? Ini Penjelasannya

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar ini diambil selama tur media yang diselenggarakan oleh militer Israel pada 15 Desember 2023, menunjukkan sebuah terowongan yang dilaporkan digunakan Hamas untuk menyerang Israel melalui penyeberangan perbatasan Erez pada 7 Oktober 2023.

TRIBUNNEWS.COM - Mungkinkah upaya Israel untuk membanjiri terowongan menggunakan air laut bisa mempengaruhi pasokan air di Gaza? Ini penjelasannya.

Pekan ini, Israel mengonfirmasi pasukannya memompa air laut ke dalam jaringan terowongan di Gaza.

Sebuah metode yang menurut para aktivis lingkungan hidup dapat melanggar hukum internasional, serta menyebabkan konsekuensi jangka panjang yang mengerikan di wilayah kantong Palestina yang terkepung.

Laporan media selama berminggu-minggu berspekulasi bahwa pemompaan air laut sedang berlangsung, dikutip dari Al Jazeera.

Meski demikian, pejabat Israel dan Amerika Serikat (AS), termasuk Presiden Joe Biden, tidak mengonfirmasi hal tersebut ketika ditanyai.

Pada Rabu (31/1/2024), dalam pernyataan singkat di X, militer Israel mengatakan mereka menggunakan “kemampuan baru” dalam perangnya di Gaza dan labirin terowongan Hamas, “termasuk dengan menyalurkan air dalam jumlah besar ke terowongan tersebut."

"Ini merupakan alat penting dalam memerangi ancaman infrastruktur teroris bawah tanah Hamas,” kata pernyataan itu.

Konfirmasi ini muncul hampir empat bulan setelah pemboman terus menerus di Jalur Gaza yang telah menewaskan hampir 27.000 orang.

Pihak berwenang Israel telah lama bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur Hamas.

Tel Aviv berpendapat terowongan tersebut menyimpan amunisi dan tawanan yang dibawa ke sana oleh kelompok bersenjata pada tanggal 7 Oktober.

Rencana untuk memompa air laut ke dalam terowongan menimbulkan pertanyaan tentang rencana Israel untuk menyelamatkan para tawanan perang.

Baca juga: Tak Hanya Hancurkan 43 Tank Israel, Al-Qassam juga Targetkan IDF di Pintu Masuk Terowongan

Upaya membanjiri terowongan juga dapat menambah kehancuran jangka panjang di Gaza, termasuk pasokan air di wilayah tersebut:

Bagaimana cara mengatasi banjir?

Laporan media dari awal Desember mengatakan pasukan Israel berencana membanjiri terowongan dengan air laut di Gaza menggunakan sekitar lima hingga tujuh pompa air besar.

Menurut The Wall Street Journal, tentara Israel memasang pompa di utara kamp pengungsi Shati.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini