News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Populer Hari Ini

Populer Internasional: Sikap Tegas Arab Saudi ke AS - Viral Foto Pria Palestina di Depan Tentara IDF

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rangkuman berita populer internasional, di antaranya Arab Saudi menyatakan sikap tegasnya kepada AS, tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel jika Palestina belum diakui sebagai negara merdeka

TRIBUNNEWS.COM - Rangkuman berita populer Tribunnews di kanal Internasional dapat disimak di sini.

Arab Saudi menyatakan sikap tegasnya kepada AS, tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel sebelum Palestina diakui sebagai negara yang merdeka.

Sementara itu di tengah perang yang berlangsung di Gaza, sebuah foto viral memperlihatkan pria Palestina terduduk di depan tentara Israel.

Pakaiannya dilucuti, pria tersebut tampak melihat ke arah tentara Israel dengan tangannya yang terikat ke belakang.

Selengkapnya, berikut berita populer internasional dalam 24 jam terakhir.

1. Arab Saudi Tegas ke AS: Tak Akui Palestina Merdeka, Tak Ada Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman menghadiri sesi KTT Pemimpin G20 di Bharat Mandapam di New Delhi pada 9 September 2023. (Ludovic MARIN / POOL / AFP)

Kerajaan Arab Saudi menegaskan kepada Amerika Serikat bahwa negara tersebut tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sebelum Palestina diakui sebagai negara merdeka.

Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi dalam sebuah pernyataannya hari Rabu (7/2/2024) mengatakan,"tidak akan ada hubungan diplomatik dengan Israel kecuali negara Palestina merdeka diakui berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur.”

Dikutip dari Alarabiya, pemerintah Saudi dengan tegas tidak akan menjalin hubungan diplomatik sampai “agresi” Israel di Jalur Gaza berhenti dan semua pasukan pendudukan Israel menarik diri dari Gaza.

“Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa mengenai diskusi antara Kerajaan Arab Saudi dan Amerika Serikat mengenai proses perdamaian Arab-Israel, dan mengingat apa yang telah disampaikan kepada Juru Bicara Keamanan Nasional AS, Kementerian Luar Negeri menegaskan bahwa posisi Kerajaan Arab Saudi selalu teguh dalam masalah Palestina dan pentingnya persaudaraan rakyat Palestina mendapatkan hak-hak mereka yang sah.”

BACA SELENGKAPNYA >>>

2. Brigade Al-Qassam Lincah, Lembaga AS Ragukan Bualan Israel Sudah Hancurkan Puluhan Batalion Hamas

Klaim Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant yang menyebut pasukan Israel telah menghancurkan 18 dari 24 batalion Hamas, diragukan oleh sejumlah lembaga riset ilmiah Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Begini Respons Kantor PM Netanyahu atas Usulan Hamas Gencatan Senjata 135 Hari, Dibagi 3 Tahap

Lembag-lembaga yang berspesialisasi soal analisis perang itu mempertanyakan definisi Gallant terkait kata “dismantling" (pembongkaran/penghancuran/pelucutan kekuatan, red).

Keraguan para lembaga riset itu merujuk pada klaim Tentara Israel pada 6 Januari Israel yang mengabarkan sudah menghancurkan semua batalion Hamas di Gaza utara.

Dalam asessment terbaru terkait Perang Gaza, lembaga seperti think tank Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP) yang berbasis di AS mengatakan operasi (serangan) yang sedang berlangsung oleh milisi pembebasan Palestina di barat Kota Gaza telah mendorong Israel untuk memobilisasi kekuatan seukuran divisi untuk membersihkan kembali kota selama seminggu terakhir.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini