News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

AS: Ancaman Perang Iran-Israel Semakin Nyata

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Salah satu rudal jarak jauh Iran yang bisa dipasang hulu ledak nuklir.

TRIBUNNEWS.COM -- Amerika Serikat (AS) menyatakan ancaman perang Iran melawan Israel semakin nyata.

Hal ini menyusul serangan udara mematikan terhadap konsulat Iran di Suriah.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan, AS menyatakan keprihatinan mereka.

Baca juga: Israel dan Iran Saling Ancam Lancarkan Serangan, Netanyahu Percaya Diri karena Didukung Amerika

"Faktanya, salah satu hal yang dibicarakan oleh Perdana Menteri dan Presiden hari ini adalah ancaman publik yang sangat nyata dari Iran terhadap Negara Israel,” katanya dikutip dari CNN.

“Saya pikir penting untuk diingat bahwa bantuan keamanan yang kami berikan kepada Israel tidak hanya untuk Gaza. Amerika Serikat akan mendukung Anda, kami akan terus membantu Anda mempertahankan diri dari berbagai ancaman ini,” tambah Kirby.

Sebelumnya, i24News Israel melaporkan bahwa negara Yahudi itu bersiap menghadapi kemungkinan serangan Iran menyusul serangan mematikan terhadap konsulat Iran di Suriah.

Pada tanggal 1 April, kantor berita Suriah SANA melaporkan bahwa Angkatan Udara Israel telah melakukan serangan terhadap sebuah bangunan di Damaskus.

Media Iran mengatakan bahwa konsulat Iran menjadi sasaran serangan yang menyebabkan 13 orang tewas.

Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu telah menewaskan tujuh penasihat militer, termasuk Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan Jenderal Mohammad Hadi Haji-Rahimi.

Personel darurat dan keamanan berkumpul di lokasi kejadian setelah serangan terhadap komplek kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Senin (1/4/2024). (AFP)

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bersumpah bahwa Teheran akan membuat Israel menyesali serangannya dan Presiden Ebrahim Raisi berjanji bahwa serangan itu tidak akan berlangsung tanpa tanggapan.

Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan Israel telah menyerang sasaran militer milik IRGC, namun bukan misi diplomatik. Menurut Hagari, fasilitas tersebut disamarkan sebagai bangunan sipil.

Baca juga: Takut Dibom Iran, Israel Larang Tentara Cuti, Minta IDF Siaga dan Matikan GPS

Israel Siap Perang

Israel mengatakan kepada AS jika Iran melancarkan serangan terhadap Israel dari wilayahnya, sebagai pembalasan atas serangannya di Suriah, maka Israel akan merespons dengan keras, kata para pejabat Israel kepada Axios.

Sebelumnya, para pejabat Iran secara terbuka mengancam akan melakukan pembalasan terhadap Israel atas serangan yang menewaskan komandan tinggi Iran.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini