News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Demo di Turki Protes ke Presiden Erdogan yang Masih Ekspor ke Israel, 43 Orang Ditangkap Polisi

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

01/01/2024, Istanbul, Turki, Seorang pria memegang bendera Palestina dan Turki. Ribuan orang berkumpul di Jembatan Galata Istanbul dalam demonstrasi yang mengungkapkan solidaritas terhadap rakyat Palestina di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina.

Demo di Turki Protes Presiden Erdogan yang Masih Ekspor Barang ke Israel, 43 Orang Ditangkap Polisi

TRIBUNNEWS.COM- Sebanyak 43 orang ditangkap saat mereka berdemo di Turki memerotes Presiden Erdogan yang masih saja mengekspor barang-barang Turki ke Israel.

Tuntutan para demonstran adalah agar presiden Turki, Erdogan segera menghentikan dagang dengan Israel pada saat Israel melakukan genosida di Gaza.

Namun reaksi keras pemerintah Turki terhadap demonstran di sana. Puluhan orang ditangkap saat demonstrasi menentang Erdogan yang bersikap bekerja sama dengan Israel tersebut.

"Segera bebaskan 43 teman kami, termasuk 1 anak, yang Anda tahan karena penyiksaan! Kami berdiri bersama teman-teman kami yang berjuang untuk Palestina! Dukung tag İsrailleTicareteDurDe , ayo angkat suara!" tulis akun X, Seribu Pemuda untuk Palestina.

Puluhan orang ditangkap di Istanbul menuntut diakhirinya perdagangan Turki-Israel.

Baca juga: Presiden Recep Erdogan Ingin Rekonsiliasi dengan Israel, Jadi Penyebab Kalah di Pemilu Lokal Turki?

Presiden Erdogan menolak menghentikan ekspor ke Israel meskipun ia mengkritik keras perang brutal Israel di Gaza

Polisi di Istanbul pada tanggal 6 April menggunakan taktik brutal untuk menahan 43 pengunjuk rasa Turki yang menuntut diakhirinya perdagangan antara Turkiye dan Israel di tengah perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Video polisi anti huru hara Turki dengan kasar memaksa pengunjuk rasa masuk ke mobil polisi di dekat distrik perbelanjaan terkenal di Jalan Istiklal menyebar di media sosial dengan tagar "#israilleticaretedurde."

Sebuah video yang dirilis oleh aktivis Turki setelah protes menyatakan, "Lebih dari 30 teman kami disiksa dan ditahan oleh polisi. Negara pendudukan Israel terus melakukan genosida di tanah Palestina."

Para pengunjuk rasa marah karena meskipun Presiden Recep Tayyip Erdogan mengecam keras genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza, namun pemerintah Turki terus mengizinkan perusahaan-perusahaan Turki mengekspor makanan, minyak, energi, dan baja ke Israel.

Video para aktivis tersebut menambahkan, "Kami berkumpul untuk berbaris di depan direktorat perdagangan Istanbul untuk mengungkap perdagangan ini. Mereka yang mengatakan kami tidak dapat mencampuri perdagangan sektor swasta adalah kebohongan."

Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, mengeluarkan pernyataan yang mengakui penangkapan tersebut.

“Setelah protes berakhir, para pengunjuk rasa membubarkan diri, namun ada satu kelompok yang tidak membubarkan diri meski sudah diperingatkan; Mereka melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan dengan menghina pejabat negara,” tulisnya di situs media sosial X.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini