News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hamas Minta Jusuf Kalla Ikut Mediasi Konflik Palestina Vs Israel Agar Segera Berakhir

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/7/2023).

TRIBUNNEWS.COM, MALAYSIA - Kelompok pejuang Palestina, Hamas, meminta Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ikut menjadi mediator untuk mengakhiri konflik Palestina Vs Israel.

Demikian dikemukakan Mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Hamid Awaludin, yang saat ini berada di Malaysia bertemu dengan para petinggi Hamas.

Hamid Awaluddin merupakan orang kepercayaan Jusuf Kalla yang juga salah satu anggota delegasi Jusuf Kalla yang bertemu perwakilan Hamas di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (5/5/2024) kemarin.

Menurut dia Hamas berharap Jusuf Kalla dapat memediasi Palestina Vs Israel yang tengah berkonflik dan tak ada tanda-tanda akan berakhir.

Mediasi diharapkan dapat mengakhiri aksi kekerasan akibat serangan Israel ke Jalur Gaza tujuh bulan belakangan.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Jusuf Kalla bertemu dengan perwakilan Hamas yang dipimpin Pejabat Biro Politik sekaligus Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas Dr Bassem Naim.

Baca juga: Polisi Israel Gerebek Stasiun Al Jazeera di Jerusalem Timur dan Paksa Hentikan Siaran

Menurut Hamid, salah satu fokus pertemuan tersebut adalah penghentian aksi kekerasan yang telah mengorbankan masyarakat sipil secara masif.

Naim menekankan bahwa tindakan Israel terhadap masyarakat Palestina di Jalur Gaza adalah genosida.

"Dunia pun sudah mengutuk tindakan kejam Israel tersebut, kecuali Amerika Serikat. Namun, seperti yang kita tahu Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu kewalahan sendiri menghadapi rakyatnya yang memprotes tindakan pemerintah Israel," kata Hamid, Senin (6/5/2024) dikutip dari Kompas.TV.

Pertemuan antara delegasi Jusuf Kalla dengan Hamas disebut berlangsung selama sekitar tiga jam.

Pembicaraan ini dilangsungkan di sebuah tempat di luar Kuala Lumpur, Minggu (5/5) malam.

Hamid mengatakan, Jusuf Kalla bersama timnya sempat berupaya memediasi konflik Israel-Palestina pada Juli dan pertengahan Oktober 2023.

Namun mediasi ini terhenti akibat serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 lalu.

Menurut data terkini Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Israel telah membunuh lebih dari 34.622 orang di Jalur Gaza, lebih dari setengahnya adalah perempuan dan anak-anak.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini