News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Ganasnya Pembalasan Hizbullah, Kebakaran Hebat Menyebar ke Seluruh Wilayah Utara Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kebakaran menyebar di Kota Katzrin, Dataran Tinggi Golan, wilayah pendudukan Israel, Kamis 4 Juli 2024 dampak serangan ratusan roket dan drone kelompok Hizbullah Lebanon.

Ganasnya Pembalasan Hizbullah, Kebakaran Menyebar ke Seluruh Wilayah Utara Israel

TRIBUNNEWS.COM - Kebakaran berkobar di Israel utara sebagai akibat dari beberapa serangan yang dilancarkan oleh Hizbullah pada Kamis (4/7/2024) sebagai pembalasan atas pembunuhan salah satu komandan utama kelompok perlawanan tersebut sehari sebelumnya.

Petugas pemadam kebakaran Israel dilaporkan bekerja untuk memadamkan api di setidaknya 10 lokasi berbeda di seluruh Galilea dan Dataran Tinggi Golan pada Kamis sore.

Baca juga: Amuk Balasan Hizbullah Berlanjut, Ratusan Drone-Roket Hajar Golan-Hula-Galilea Israel dalam Sejam

Setidaknya satu jalan raya utama tak bisa dilalui karena kebakaran hebat di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, menurut situs berita Ibrani Ynet.

Hizbullah menembakkan lebih dari 200 rudal dan sekitar dua lusin drone ke pangkalan militer di Israel utara pada tanggal 4 Juli sebagai pembalasan atas pembunuhan yang ditargetkan terhadap komandan Unit Aziz, Mohammed Naame Nasser, sehari sebelumnya.

Baca juga: Sosok Mohammad Nasser, Kematian Komandan Top Hizbullah oleh Israel di Tirus Bisa Picu Perang Besar

Serangan tersebut menargetkan beberapa lokasi sensitif tentara dan barak di Galilea dan Dataran Tinggi Golan. Beberapa serangan rudal lainnya diluncurkan secara berurutan.

Ketika kebakaran menyebar di wilayah utara Israel, ketua Dewan Eksekutif Hizbullah, Hashem Safieddine, bersumpah bahwa respons terhadap pembunuhan tersebut belum berakhir.

“Respon terhadap pembunuhan komandan senior Hizbullah dimulai kemarin dan berlangsung cepat, dan hari ini serangkaian respons berlanjut hingga saat ini dan akan terus berlanjut. Mereka ditujukan ke tempat-tempat yang tidak pernah dibayangkan Israel akan terkena serangan… yang pasti banyak korban jiwa, termasuk tewas dan luka-luka,” kata Safieddine, Kamis.

Baca juga: Amuk Balasan Hizbullah Berlanjut, Ratusan Drone-Roket Hajar Golan-Hula-Galilea Israel dalam Sejam

Gambar yang diklaim diambil dari Kiryat Shmona di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, memperlihatkan kebakaran di perbukitan utara setelah terkena serangan roket Hizbullah pada Jumat (10/5/2024). (Telegram)

“Tentara Israel ini, setelah melakukan serangan berturut-turut, suatu hari nanti tidak akan mampu meraih kemenangan dalam pertempuran atau konfrontasi apa pun… Tentara Israel menghadapi kekalahan telak di hadapan ketabahan rakyat Gaza dan di hadapan perlawanan. yang akan tetap ada di Gaza,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa front Lebanon melawan Israel “akan tetap membara dan kuat dan akan menjadi lebih kuat… inilah yang kami pelajari dari pertempuran panjang kami melawan musuh dan kepercayaan kami pada Mujahidin. ”

Hizbullah telah berulang kali bersumpah bahwa mereka tidak akan menghentikan operasinya melawan Israel sampai gencatan senjata di Gaza tercapai.

"Setiap perluasan agresi  Israel yang sedang berlangsung di Lebanon selatan akan mendorong perlawanan Lebanon untuk berperang tanpa “batas, aturan, atau pengekangan,” kata pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah bulan lalu.

Peluncur roket Katyusha milik Hizbullah. (jpost)

Libatkan Ratusan Roket dan Drone

Serangan Hizbullah ke teritorial Israel Kamis, merupakan satu dari empat serangan balasan bergelombang kelompok tersebut atas kematian Mohammed Nasser.

Sehari sebelumnya pada Rabu, Hizbullah mengumumkan pihaknya telah menembakkan 100 roket Katyusha ke dua target Israel pada Rabu (3/7/2024), sebagai balas dendam atas serangan Zionis yang menewaskan seorang komandan senior Hizbullah.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini