News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Peringatan 12 Eks Pejabat ke Biden: Kebijakan Terhadap Gaza Sudah Bahayakan Keamanan Nasional AS

Penulis: Nuryanti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden AS Joe Biden. 12 pejabat AS mengundurkan diri karena berbagai alasan terkait penanganan perang oleh pemerintah AS.

TRIBUNNEWS.COM - 12 mantan pejabat Amerika Serikat (AS) menyampaikan peringatan kepada Presiden AS Joe Biden.

Kelompok tersebut telah mengundurkan diri karena berbagai alasan terkait penanganan perang oleh pemerintah AS.

12 orang tersebut, termasuk mantan staf militer dan Gedung Putih, serta seorang pejabat Departemen Dalam Negeri, mengundurkan diri pada 2 Juli 2024 lalu.

"Kebijakan pemerintahan Biden terhadap Gaza telah membahayakan keamanan nasional AS," ujar 12 mantan pejabat itu, Rabu (3/7/2024), dikutip dari Arab News.

"Sikap presiden telah menjadikan Amerika sasaran," katanya.

“Kedok diplomatik Amerika dan aliran senjata yang terus-menerus ke Israel telah memastikan keterlibatan kami yang tidak dapat disangkal dalam pembunuhan dan kelaparan paksa terhadap penduduk Palestina yang terkepung di Gaza," terang 12 mantan pejabat itu.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa sikap Washington, termasuk terus memberikan bantuan militer kepada Israel, merupakan 'kebijakan yang gagal' yang telah mengancam keselamatan warga Israel dan Palestina, membantu semakin mengacaukan kawasan, membatasi kebebasan berbicara, dan merusak kredibilitas AS.

"Kepentingan politik dan ekonomi bangsa kita di seluruh kawasan juga telah dirugikan secara signifikan, sementara kredibilitas AS telah sangat dirusak di seluruh dunia pada saat kita sangat membutuhkannya, ketika dunia dicirikan oleh era baru persaingan strategis," lanjut pernyataan itu.

Protes atas Kebijakan Biden Terkait Gaza

Sebanyak 12 pejabat pemerintah AS telah mengundurkan diri sebagai protes atas kebijakan Presiden Joe Biden terkait Gaza.

Mereka menuduh pemerintahannya terlibat dalam pembunuhan dan kelaparan warga Palestina saat perang Israel di Gaza memasuki bulan kesembilan.

Baca juga: Lagi, 2 Komandan IDF Tewas di Gaza Utara, Israel Tinjau Kembali Usulan Gencatan Senjata Hamas

"Kedok diplomatik Amerika untuk Israel dan aliran senjata yang terus-menerus ke sana telah memastikan keterlibatan kami yang tak terbantahkan dalam pembunuhan dan kelaparan paksa penduduk Palestina yang terkepung di Gaza," kata mereka dalam pernyataan bersama yang dirilis pada Selasa (2/7/2024), dikutip dari Anadolu Agency.

Namun, gelombang pengunduran diri yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak pecahnya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023, belum menghasilkan perubahan signifikan dalam kebijakan AS terhadap Gaza.

Sebab, aliran senjata buatan AS ke Israel terus berlanjut meskipun telah terjadi banyak kematian warga sipil, risiko eskalasi regional, dan kerusakan pada reputasi global Amerika.

Berikut ini 12 pejabat AS yang mengundurkan diri terkait Gaza:

  1. Maryam Hasanin
  2. Muhammad Abu Hashem
  3. Alexander Smith
  4. Stacy Gilbert
  5. Harrison Mann
  6. Panggilan Lily Greenberg
  7. Anna Del Castillo
  8. Hala Rharrit
  9. Annelle Sheline
  10. Tariq Habash
  11. Josh Paulus
  12. Andrew Miller

Update Perang Israel-Hamas

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini