News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bagaimana Mengatasi Kelangkaan Air Bersih di Kota Besar?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bagaimana Mengatasi Kelangkaan Air Bersih di Kota Besar?

Sebagian kota-kota megapolitan di dunia, seperti New Delhi atau Mexico City mulai kewalahan menjamin pasokan air bersih untuk jumlah penduduk yang kian bertambah.

Saat ini sekitar empat miliar manusia hidup di kota-kota. Hingga tahun 2050, jumlah penduduk urban akan meningkat menjadi 6,5 miliar manusia.

Menurut perkiraan PBB, separuh penduduk kota akan kesulitan menjamin suplai air bersih, antara lain, sebagai dampak krisis iklim.

Kelangkaan air menuntut penjatahan suplai yang adil dan berkelanjutan.

Pemerintah kota harus mengkaji ulang strategi air dan pembangunan infrasrtuktur untuk berhemat. Apa saja solusinya?

Penghematan air rumah tangga

Selain pelaku usaha, konsumsi air rumah tangga juga tergolong tinggi, terutama di negara-negara industri maju.

Jerman, misalnya, mencatatkan angka konsumsi per kepala sebesar 125 liter per hari. Di Amerika Serikat, setiap individu rata-rata bahkan menghabiskan 300 liter air per hari.

Kebutuhan air untuk mandi dan kebersihan tubuh menyita sekitar 40 persen porsi konsumsi air harian, disusul toilet sebesar 30 persen dan mesin cuci baju 13 persen.

Hanya empat persen konsumsi air harian yang digunakan untuk makan atau minum.

Kampanye publik dapat mendorong masyarakat untuk menghemat air. Aplikasi solusi praktis seperti tangki toilet hemat air, kepala pancuran hemat energi, atau mesin cuci yang efisien sering kali dapat memangkas separuh konsumsi air.

Pemerintah Cape Town di Afrika Selatan, misalnya, mengandalkan pendidikan dan modernisasi infrstruktur untuk berdaptasi dengan kekeringan.

Selain perbaikan pipa gratis untuk rumah tangga miskin, otoritas setempat juga menaikkan harga air untuk mendorong masyarakat berhemat.

Pada musim kering tahun 2018, CapetTown mampu mengurangi konsumsi air rata-rata menjadi hanya 50 liter per orang.

Modernisasi infrastruktur air

Kebocoran pipa di seluruh Eropa tercatat menghilangkan lebih dari seperempat volume air minum. Di beberapa kota di dunia, 60 persen kiriman air bahkan tidak sampai ke konsumen. Memperbaiki pipa dapat mengurangi pemborosan air secara signifikan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini