News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idap Obesitas dan Risiko Jantung, Kim Jong Un Mulai Siapkan Penerusnya yang Berusia 11 Tahun

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar ini diambil pada tanggal 7 Februari 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada tanggal 8 Februari 2023 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri perjamuan untuk memperingati 75 tahun Tentara Rakyat Korea (KPA), bersama istrinya Ri Sol-Ju (kiri) dan putrinya, diduga sebagai Kim Ju Ae (tengah) di Korea Utara.

TRIBUNNEWS.COM, KORUT - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengalami kenaikan berat badan dan dilaporkan menghadapi  masalah kesehatan terkait obesitas, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes.

Sejumlah media menulis risiko jantung juga dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan Kim Jong Un.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengungkapkan pada  Senin (30/7/2024) bahwa pejabat Korea Utara sedang mencari obat-obatan baru di luar negeri untuk mengatasi masalah kesehatan Kim Jong Un ini.

Kim Jun Ae bersama ayahnya Kim Jong Un. ()

Riwayat kesehatan dan sejarah keluarga Kim Jong Un

Kim Jong Un, 40 tahun, yang dikenal sebagai peminum berat dan perokok.

Dia berasal dari keluarga dengan riwayat masalah jantung.

Ayah dan kakeknya, yang memerintah Korea Utara sebelum dia, meninggal karena masalah jantung.

Kim, yang tingginya sekitar 170 sentimeter (5 kaki, 7 inci), sebelumnya telah kehilangan berat badan yang signifikan pada tahun 2021.

Namun, rekaman media pemerintah baru-baru ini menunjukkan bahwa ia telah kembali ke berat badan semula sekitar 140 kilogram (308 pon).

Gambar ini diambil pada tanggal 7 Februari 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada tanggal 8 Februari 2023 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) menghadiri perjamuan untuk menandai peringatan 75 tahun Tentara Rakyat Korea (KPA), bersama istrinya Ri Sol-Ju (kanan) dan putrinya, diduga sebagai Ju Ae (kiri) di Korea Utara. (STR / KCNA VIA KNS / AFP)

Pengarahan NIS kepada anggota parlemen Korea Selatan

Dalam pengarahan tertutup, NIS memberi tahu anggota parlemen Korea Selatan bahwa Kim kini termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Badan tersebut melaporkan bahwa Kim telah menunjukkan gejala tekanan darah tinggi dan diabetes sejak awal usia 30-an, yang kemungkinan diperburuk oleh pilihan gaya hidupnya, termasuk minum alkohol, merokok, dan stres.

Anggota parlemen Lee Seong Kweun dan Park Sunwon mengutip pernyataan NIS, yang menyatakan bahwa pejabat Korea Utara telah berupaya mendapatkan obat-obatan baru dari luar negeri untuk menangani dugaan kondisi kesehatan Kim.

Namun, NIS memiliki catatan jejak yang beragam dalam mengonfirmasi perkembangan di Korea Utara secara akurat karena sifat negara yang tertutup.

Spekulasi suksesi dan meningkatnya profil Kim Ju Ae

Kesehatan Kim diawasi ketat oleh pengamat internasional, terutama karena ia belum secara resmi menunjuk penggantinya.

Ketidakpastian ini menimbulkan kekhawatiran tentang kendali masa depan persenjataan nuklir Korea Utara yang terus berkembang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini