News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Daftar dan Kronologi Para Pemimpin Perjuangan Palestina yang Dibunuh Israel, Tiga Dekade Pembunuhan

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kiri ke kanan: Pendiri Hamas, Ahmad Yassin; Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh; dan Pimpinan Hamas, Saleh al-Arouri. Mereka merupakan tiga dari 10 pimpinan Hamas yang tewas akibat serangan Israel.

Daftar dan Kronologi Para Pemimpin Hamas yang Dibunuh oleh Israel, Beberapa Dekade Pembunuhan

TRIBUNNEWS.COM- Ismail Haniyeh merupakan pemimpin Hamas terbaru yang tewas dibunuh Israel.

Sebelumnya, sudah banyak pemimpin perjuangan Palestina yang syahid setelah dibunuh oleh Israel.

Berikut daftar dan kronologi para pemimpin Hamas yang dibunuh oleh Israel dalam masa beberapa dekade terakhir.

Daftar ini menyoroti sejarah panjang pembunuhan yang ditargetkan terhadap para pemimpin Hamas oleh pasukan Israel, yang berlangsung dari awal 1990-an hingga saat ini.

Sejak berdirinya Gerakan Perlawanan Palestina Hamas pada bulan Desember 1987, pasukan Israel secara sistematis telah menargetkan para pemimpinnya, baik secara politik maupun militer, dalam operasi pembunuhan baik di dalam maupun di luar Palestina.

Daftar ini menyoroti sejarah panjang pembunuhan yang ditargetkan terhadap para pemimpin Hamas oleh pasukan Israel, yang berlangsung dari awal 1990-an hingga saat ini.

Baca juga: Video Kasus Kematian Bos Hamas Dirudal Lintas Negara, Rumah Ismail Haniyeh di Teheran Jadi Target

Berikut ini adalah ikhtisar kronologis tokoh utama Hamas yang telah dibunuh atau menjadi sasaran Israel:

Pada tanggal 24 November 1993, Emad Aql, yang berusia 22 tahun, dikepung oleh pasukan Israel dengan 60 kendaraan lapis baja di lingkungan Shejaiyya, sebelah timur Kota Gaza. Ia dan rekan-rekannya terlibat dalam baku tembak sebelum ia terbunuh oleh peluru anti-tank.

Pada tanggal 5 Januari 1996, Yahya Ayyash, seorang pemimpin Brigade Al-Qassam, dibunuh dengan alat peledak yang disembunyikan di telepon seluler, yang diledakkan dari jarak jauh oleh pasukan Israel saat melakukan panggilan telepon dengan ayahnya.

Pada tanggal 31 Juli 2001, Jamal Salim dan Jamal Mansour tewas akibat serangan rudal dari helikopter Apache Israel yang menargetkan kantor mereka di Nablus, di Tepi Barat yang diduduki.

Pada tanggal 23 Juli 2002, Salah Shehadeh, pendiri dan komandan pertama sayap militer Hamas, tewas dalam serangan udara oleh jet F-16 yang menghancurkan seluruh blok pemukiman, menewaskan 13 orang, termasuk istri dan putrinya.

Pada tanggal 8 Maret 2003, Ibrahim al-Maqadmeh, seorang anggota biro politik dan pemimpin militer Hamas, tewas ketika helikopter Apache Israel menembakkan lima rudal ke mobilnya, menewaskan dia dan tiga rekannya, di Kota Gaza.

Pada tanggal 21 Agustus 2003, Ismail Abu Shanab, seorang pemimpin terkemuka Hamas, dibunuh oleh pasukan Israel ketika helikopter Apache menembakkan rudal ke mobilnya, yang juga menewaskan dua asistennya, di Kota Gaza.

Pada tanggal 22 Maret 2004, Sheikh Ahmed Yassin, pendiri Hamas, dibunuh oleh helikopter Apache Israel yang menembakkan rudal ke arahnya saat ia kembali dari salat subuh di Kota Gaza. Ia berusia 68 tahun.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini