News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Amerika Serikat Menyetujui Paket Persenjataan Senilai 20 Miliar Dolar untuk Israel

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bom MK84, juga dikenal sebagai Mark 84, disebut Palu karena kerusakan parah yang ditimbulkannya ketika meledak. Bom buatan Amerika Serikat ini dilaporkan digunakan Tentara Israel dalam pembantaian Al-Mawasi, dekat Khan Yunis, Gaza Selatan, Sabtu (13/7/2024), mengenai 300 warga sipil dan menewaskan 71 orang di antaranya.

Amerika Serikat Menyetujui Paket Persenjataan Senilai 20 Miliar Dolar untuk Israel

TRIBUNNEWS.COM- Washington terus menghadapi reaksi keras karena mendukung perang Israel terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Washington telah menyetujui paket senjata senilai 20 miliar dolar untuk Israel, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada 13 Agustus.

Kongres AS diberitahu tentang penjualan tersebut, yang mencakup lebih dari 50 pesawat tempur F-15, rudal udara-ke-udara canggih, peluru tank 120 mm, mortir berdaya ledak tinggi, dan kendaraan taktis.

Kontrak persenjataan tersebut mungkin memakan waktu bertahun-tahun untuk dipenuhi, dan pengiriman pertama diperkirakan tidak akan dilakukan sebelum tahun 2026.

"Amerika Serikat berkomitmen terhadap keamanan Israel, dan sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Israel mengembangkan dan mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang kuat dan siap pakai. Penjualan yang diusulkan ini konsisten dengan tujuan tersebut," kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Penjualan senjata “akan mendukung keamanan jangka panjang Israel dengan memasok kembali stok amunisi penting dan berinvestasi dalam peningkatan kemampuan jangka panjang,” kata Gedung Putih.

Persetujuan penjualan ini terjadi saat Washington terus menghadapi reaksi keras atas dukungannya yang terus-menerus terhadap perang Israel dan penyediaan persenjataan yang telah digunakan untuk membunuh warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Antara 7 Oktober dan akhir Juni, Washington mengirim hampir 30.000 bom ke Israel, yang telah digunakan tanpa batasan dalam perangnya di Jalur Gaza. Menurut data statistik terbaru , hampir dua persen penduduk Jalur Gaza telah tewas akibat perang yang didukung AS di Gaza.

Selama sesi darurat yang diminta oleh Aljazair pada hari Selasa, anggota Dewan Keamanan PBB Rusia dan Cina mengecam peran Washington sebagai pemasok senjata terbesar bagi Israel, dengan menganggap AS bertanggung jawab atas kematian warga sipil di Gaza. Mereka juga mengecam kurangnya komitmen Tel Aviv untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Persetujuan itu juga datang saat Tel Aviv dan Washington berada dalam siaga tinggi karena serangan balasan yang diperkirakan akan dilakukan oleh Iran dan Hizbullah atas pembunuhan Israel baru-baru ini di Teheran dan Beirut.

“Pengumuman [penjualan senjata] ini mengirimkan pesan kepada Iran dan Hizbullah,” kata pejabat Israel kepada Axios pada hari Rabu.

Para pejabat AS mengatakan kepada media tersebut bahwa persetujuan penjualan tersebut terjadi "pada saat AS ingin menunjukkan kepada kawasan tersebut dukungannya terhadap keamanan jangka panjang Israel."

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini