News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dampak Taifun No.10 Menghantam Jepang Saat Ini, Kerugian Ekonomi Bisa Ratusan Juta Yen

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Papan reklame raksasa jatuh ke jalan raya dihempas taifun No.10 di Miyazaki jam 13.00 waktu Jepang Rabu ini (28/8/2024).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dampak taifun No.10 menghantam Jepang saat ini akan sangat luar biasa ke berbagai segi kehidupan. Taifun sudah mendarat di Selatan Jepang seperti Miyazaki dan daerah Kyushu lainnya dan bergerak perlahan menuju Osaka Nagoya dan Tokyo diperkirakan tiba tanggal 1 September nanti. Kerugian ekonomi diperkirakan bisa mencapai ratusan juta yen.

"Papan reklame raksasa di kota Miyazaki sekitar jam 13.00 siang ini (28/8/2024) jatuh dari atas gedung ke jalan raya namun tidak ada korban jiwa manusia," ungkap sumber Tribunnews.com di kepolisian Miyazaki Rabu (28/8/2024).

Di ladang pertanian, Fumikatsu Ueno, seorang petani ichijiku (Ficus carica) di Kota Toyama, yang akan mencapai puncak pengiriman, sedang mempersiapkan panen dan merasa terganggu dengan datangnya taifun.

Dia mengikat cabang-cabang ke tiang dengan tali agar angin tidak mematahkan cabang-cabang pohon ichijikunya..

"Jika tumbang dan daunnya patah, itu akan hancur, dan saya khawatir karena pohon ichijiku adalah varietas yang lembut dan rapuh," kata Ueno sangat prihatin.

Di sisi lain, "Festival Owara Kaze no Bon", yang akan dimulai pada tanggal 1 September kemungkinan akan tertunda karena datangnya taifun. Namun belum muncul keputusan dari panitia hingga kini.

Baca juga: Pesawat Militer China Masuk Wilayah Udara Nagasaki Tanpa Izin, Jepang Terbangkan Jet Tempur

"Saya paling khawatir tentang apakah turis akan datang, dan jika orang tidak datang, tidak akan terjadi apa-apa. Tapi kalau datang takut mereka dihajar taifun bahaya sekali, termasuk disiram air hujan yang pasti akan sangat lebat."

Penerbangan domestik dan internasional Jepang sedikitnya 660 penerbangan diperkirakan kuat akan tertunda nantinya. Kereta api peluru Shinkansen akan ditangguhkan bahkan transportasi pengangkutan juga akan ditunda perjalanannya.

"Kerugian bisnis dan ekonomi akibat taifun No.10 sedikitnya ratusan juta yen karena angin taifun ini berjalan lambat di atas pulau Honshu yang menghantam semua kota besar diperkirakan nantinya dengan kekuatan luar biasa," papar Sakakibara seorang pengamat ekonomi Jepang kepada Tribunnews.com.

Aeon, supermarket besar, telah mengambil langkah-langkah untuk membatalkan bisnis 24 jam atau tutup lebih awal di beberapa toko AEON dan Maxvalu di prefektur Kagoshima dan Miyazaki pada tanggal 28 Agustus ini.

Demikian pula toko mereka di Prefektur Nagasaki, Prefektur Kumamoto, dan Prefektur Fukuoka telah memutuskan untuk tutup lebih awal atau tutup sepanjang hari.

Di sisi lain, Lawson, jaringan toko serba ada utama, mengatakan bahwa beberapa toko di Kyushu ditutup sementara pada pukul 7 malam pada tanggal 28 Agustus. "Seven-Eleven Japan" dan "FamilyMart" mengatakan bahwa pada pukul 6 sore pada tanggal 28 Agustus akan ditutup.

Namun semua tergantung pada kondisi cuaca di masa depan, beberapa toko mungkin tutup sementara.

Beras pun tampak kosong di pasaran Jepang saat ini.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini