News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Demonstran Israel Arak Peti Mati Tiruan, Tuntut Netanyahu Percepat Proses Pembebasan Sandera

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan peti mati tiruan itu diarak mengelilingi ibu kota Tel Aviv sambil diselimuti bendera Israel, bersamaan dengan sejumlah foto para tawanan Israel yang telah meninggal dunia. Sebagai lambang atas kematian para sandera Israel yang beberapa hari terakhir ditemukan tewas di terowongan Rafah, Gaza.

TRIBUNNEWS.COM – Ratusan warga dan keluarga sandera Israel kembali menggelar demo besar-besaran di jalanan Tel Aviv, sambil membawa puluhan peti mati tiruan, Jumat (6/9/2024).

Puluhan peti mati tiruan itu diarak mengelilingi ibu kota Tel Aviv sambil diselimuti bendera Israel, bersamaan dengan sejumlah foto para tawanan Israel yang telah meninggal dunia.

Arak – Arakan peti mati ini digelar ratusan demonstran sebagai lambang atas kematian para sandera Israel yang beberapa hari terakhir ditemukan tewas di terowongan Rafah, Gaza.

“Sejak Kamis keluarga-keluarga tawanan Israel berdemonstrasi meletakkan 27 peti mati di Lapangan Habima, alun-alun publik pusat di Tel Aviv, yang melambangkan jumlah tawanan yang terbunuh di Gaza sejauh ini,” jelas laporan saluran 12 Israel mengutip Al Mayadeen.

Demo seperti ini bukan kali pertama yang digelar warga Israel.

Di hari sebelumnya, di Tel Aviv ribuan orang turun ke jalan selama dua hari berturut-turut, mengekspresikan kemarahan atas buruknya penanganan rezim terhadap situasi para tawanan dan menuntut kesepakatan segera.

Demo awalnya berjalan damai hingga akhirnya massa yang mengamuk bersikap anarkis hingga pengunjuk rasa Israel menerobos penghalang di sekitar kediaman Netanyahu di Caesarea.

Nasser Lahham, kepala kantor Al Mayadeen di Palestina yang diduduki, menggambarkan gelombang protes saat ini sebagai pemberontakan daripada pemogokan.

Pemicu Demo Israel

Protes ini pecah tepat setelah pasukan pertahanan Israel (IDF) mengumumkan telah menemukan 6 tawanan di terowongan Rafah di Jalur Gaza dalam kondisi tewas.

Adapun daftar identitas enam mayat tersebut diantaranya ada Hersh Goldberg-Polin, Ori Danino, Alex Lobanov, Carmel Gat, Eden Yerushalmi, dan Almog Sarusi.

Baca juga: Pernyataan Terakhir Sandera Israel: Hamas Pindahkan Kami 10 Kali untuk Hindari Serangan IDF di Gaza

Selama konferensi itu, Netanyahu menjelaskan bahwa keenam sandera tewas lantaran ditembak Hamas di bagian belakang kepala.

“Para pembunuh ini mengeksekusi enam sandera kami, mereka menembak mereka di bagian belakang kepala,” jelasnya.

Warga Israel Gelar Mogok Kerja Massal

Tak hanya melayangkan protes kepada Netanyahu, Demonstrasi tersebut juga mendesak pemerintah Israel agar segera dilakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas terkait pembebasan warga Israel yang menjadi sandera.

Banyak warga Israel memblokir jalan-jalan di Tel Aviv dan berdemonstrasi di luar kantor Netanyahu di Yerusalem Barat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini