News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Netanyahu Setujui Operasi Pager Hizbullah, setelah Israel Ancam Perluas Perang ke Lebanon

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat Kabinet di Kirya di Tel Aviv pada tanggal 31 Desember 2023. --- Netanyahu setujui operasi pager Hizbullah setelah mengancam akan memperluas perang ke Lebanon.

TRIBUNNEWS.COM - Dua pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan Israel tidak memberi tahu pemerintahan Presiden AS, Joe Biden, sebelum operasi intelijen yang meledakkan perangkat komunikasi ribuan anggota Hizbullah di Lebanon pada Selasa (17/9/2024).

Menurut badan tersebut, operasi tersebut menyebabkan gangguan pada sebagian besar sistem komando dan kendali militer Hizbullah.

Para pejabat Israel mengatakan mereka sadar eskalasi besar-besaran di perbatasan utara mungkin terjadi setelah serangan tersebut.

Pasukan Israel mungkin akan melakukan hal yang sama dalam kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi kemungkinan tanggapan dari Hizbullah.

Sebuah sumber informasi mengatakan operasi tersebut disetujui awal pekan ini selama pertemuan keamanan dengan Netanyahu, anggota senior pemerintahannya, dan kepala dinas keamanan, seperti diberitakan Axios.

Netanyahu Ancam akan Perluas Perang ke Lebanon

Sebelumnya, Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengumumkan kabinet perang pada Selasa (17/9/2024) dini hari memutuskan untuk memperluas tujuan perang saat ini.

"Malam ini, kabinet politik dan keamanan memperbarui tujuan perang sehingga sekarang mencakup bab berikut: kembalinya penduduk wilayah utara dengan aman ke rumah mereka," kata kantor Netanyahu dalam pernyataannya, Selasa.

Netanyahu mengancam Hizbullah dengan perang di Lebanon jika mereka tetap menyerang permukiman Israel di perbatasan.

Permukiman di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, menjadi sepi karena puluhan ribu pemukim Israel mengungsi akibat serangan Hizbullah yang terus berlanjut.

“Israel akan terus berupaya mencapai tujuan ini,” kata Kantor Netanyahu.

Baca juga: Mossad Israel Tanam 20 Gram Bahan Peledak Pentaerythritol tetranitrate PETN di Baterai Pager Meledak

Keputusan untuk memperbarui tujuan perang dimaksudkan untuk memberi sinyal bahwa Israel akan mengalihkan perhatiannya dari Jalur Gaza ke front Lebanon.

Hal ini terjadi sehari setelah utusan AS, Amos Hockstein, mengunjungi Israel dan memperingatkan Netanyahu tentang konsekuensi eskalasi besar-besaran di Lebanon.

Seorang pejabat Israel mengatakan Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel, Yoav Galant, menghabiskan beberapa jam pada hari Selasa (17/9/2024) di pusat komando tentara Israel di Tel Aviv.

Pada Senin (16/9/2024) malam, Komite Keamanan Israel memutuskan untuk memperbarui tujuan perang dengan memasukkan kembalinya warga Israel dengan aman ke rumah mereka di perbatasan dengan Lebanon.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini