News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Legenda Basket Dikembe Mutombo Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun karena Kanker Otak

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Legenda Basket Dikembe Mutombo Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun karena Kanker Otak. Legenda basket Amerika-Kongo, Dikembe Mutombo, yang dikenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dalam sejarah NBA, meninggal dunia pada usia 58 tahun, demikian diumumkan NBA pada hari Senin (30/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Legenda basket Amerika-Kongo, Dikembe Mutombo, yang dikenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dalam sejarah NBA, meninggal dunia pada usia 58 tahun, demikian diumumkan NBA pada hari Senin (30/9/2024).

Dikembe Mutombo, anggota Hall of Fame Bola Basket yang merupakan duta global untuk permainan tersebut, meninggal karena kanker otak.

Keluarganya mengungkapkan dua tahun lalu, Mutombo menjalani perawatan di Atlanta untuk tumor otak.

NBA mengatakan ia meninggal dikelilingi oleh keluarganya, lapor media Hong Kong, Rthk Hk.

Semasa hidup, Mutombo dikenal memiliki banyak keunikan — gerakan jari yang jenaka ke arah lawan setelah memblok tembakan mereka, tinggi badannya, suaranya yang dalam dan serak, serta senyumnya yang lebar.

Mutombo menghabiskan 18 musim di NBA, bermain untuk Denver, Atlanta, Houston, Philadelphia, New York, dan New Jersey Nets.

Pemain tengah setinggi 7 kaki 2 inci dari Georgetown ini adalah pemain All-Star delapan kali, tiga kali terpilih dalam All-NBA.

Ia masuk Hall of Fame pada tahun 2015 setelah mencetak rata-rata 9,8 poin dan 10,3 rebound per pertandingan selama kariernya.

Mutombo terakhir kali bermain pada musim 2008-2009, dan mendedikasikan waktunya setelah pensiun untuk kegiatan amal dan kemanusiaan.

Dikutip dari Ap News, Mutombo bisa berbicara dalam sembilan bahasa.

Ia mendirikan Yayasan Dikembe Mutombo pada tahun 1997, yang berfokus pada peningkatan kesehatan, pendidikan, dan kualitas hidup bagi masyarakat di Kongo, VOA News melaporkan.

Mutombo juga menjadi bagian dari salah satu momen playoff paling ikonik di liga, membantu Denver yang menempati unggulan kedelapan mengalahkan Seattle yang menempati unggulan pertama di babak pertama playoff Wilayah Barat tahun 1994.

Baca juga: Dari Sepak Bola hingga Basket, Bank Mandiri Konsisten Dukung Perkembangan Olahraga Nasional

Seri lima pertandingan terbaik itu menandai pertama kalinya pemain peringkat 8 mengalahkan pemain peringkat 1 dalam sejarah NBA.

Belasungkawa untuk Dikembe Mutombo

  • Komisioner NBA, Adam Silver

"Dikembe Mutombo adalah sosok yang luar biasa," kata Komisioner NBA Adam Silver.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini