News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

DW Goes to Campus 2024: Bersama Lawan Disinformasi!

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

DW Goes to Campus 2024: Bersama Lawan Disinformasi!

Sebagai media internasional independen dari Jerman, Deutsche Welle (DW) menyajikan konten yang berkualitas tanpa bias dan disinformasi.

Sehingga, penting bagi DW untuk menyebarkan konsep jurnalisme yang sesuai dengan tema DW Goes to Campus (DWGtC) 2024, literasi informasi dan media (Media and Information Literacy/MIL).

Sejak tahun 2022 DW telah bekerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia untuk melakukan kegiatan DWGtC.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini kegiatan DWGtC juga ikut melibatkan pihak DW Akademie dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri Federal Jerman.

Rangkaian kegiatan DWGtC 2024 dengan tema "Bersama Lawan Disinformasi” ini berlangsung selama tiga hari dan melibatkan pihak Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (Dikom UGM) sebagai mitra DW Indonesia.

Pertemuan antara mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan, akademisi bersama jurnalis DW yang berpengalaman diharapkan dapat menjadi sarana diskusi dan berbagi pengalaman seputar konten-konten jurnalistik.

Selain itu, trainer DW yang memiliki sertifikasi juga akan memberikan sesi Training of Trainers (ToT) MIL kepada 10 dosen dari universitas terpilih yang berada di Yogyakarta.

Targetnya, para dosen dapat menjadi praktisi MIL untuk menyebarluaskannya di kampus masing-masing.

Dalam agenda ini, DW Indonesia membuka kesempatan bagi para mahasiswa di Yogyakarta untuk mengikuti lokakarya MIL. Setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang juga lebih melek dengan literasi media dan informasi.

Redaksi DW hadir pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1963 lewat program radio. DW Indonesia telah bertransformasi dalam beberapa tahun terakhir dengan menyajikan informasi secara multimedia (situs, televisi dan media sosial):

  • dw.com/Indonesia:Berita aktual dan liputan mendalam dilaporkan dari jantung Eropa.
  • DW Inovator:Program Televisi DW Indonesia, mengangkat tema-tema seputar sains, teknologi, lingkungan dan gaya hidup.
  • Instagram: Tempat mencari tahu kabar dari Jerman/Eropa, diaspora Indonesia di Jerman/Eropa, gaya hidup dan bahasa yang ribet.
  • X: Tempat diskusi asyik bagi para pecinta IPTEK, lingkungan, sosial, dan budaya! Mau dari Indonesia , Jerman , dan dunia , semua ada di sini.
  • TikTok: bagi mereka yang ingin mengikuti perkembangan dunia dan sains
  • YouTube: menyajikan video dengan topik pilihan seputar sains, teknologi dan lingkungan.
  • Facebook: Tempat menyampaikan pendapat serta berdiskusi tentang berita-berita penting dunia.
  • Threads: Tempat kamu bisa cari tahu kabar dari dunia, diaspora Indonesia di Jerman/Eropa, gaya hidup, dan bahasa Jerman yang ribet.

Deutsche Welle (DW), yang didirikan pada tahun 1953, adalah lembaga penyiaran internasional Jerman dan salah satu media paling berpengaruh di dunia. Saat ini DW menyediakan konten jurnalistik dalam lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini