News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Personel CIA Mendarat di Lebanon, Meningkatkan Pengumpulan Intelijen untuk Mendukung Perang Israel

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Badan Intelijen Pusat AS (CIA).

Personel CIA Mendarat di Lebanon, Meningkatkan Pengumpulan Intelijen untuk Mendukung Perang Israel

TRIBUNNEWS.COM- Personel CIA mendarat di Lebanon, meningkatkan pengumpulan intelijen untuk mendukung perang Israel

CIA mungkin memainkan peran dalam upaya Israel baru-baru ini untuk membunuh seorang pejabat dari sayap politik Hizbullah di pusat kota Beirut.

CIA telah mengirim agen tambahan ke Lebanon dan telah meningkatkan komunikasinya dengan pejabat militer, keamanan, dan politik Lebanon dalam upaya untuk memperoleh informasi tentang Hizbullah, dan mungkin telah memainkan peran dalam upaya Israel baru-baru ini untuk membunuh seorang pemimpin politik Hizbullah, Al-Akhbar melaporkan pada 14 Oktober.

Tiga pejabat senior di dinas keamanan resmi mengakui bahwa pihak-pihak Barat, terutama AS, telah memulai komunikasi harian intensif dengan seluruh militer dan pasukan keamanan Lebanon sejak pecahnya perang terbuka antara Lebanon dan Israel, tulis editor Al-Akhbar Ibrahim al-Amin.

Para pejabat itu mengatakan kepada Amin bahwa isi komunikasi itu tidak ada hubungannya dengan perolehan informasi tentang ancaman terhadap kepentingan Barat. 
Sebaliknya, mereka ingin memperoleh informasi tentang perubahan dalam struktur kepemimpinan politik dan militer Hizbullah setelah pembunuhan sekretaris jenderal partai itu, Hassan Nasrallah, baru-baru ini.

Pejabat intelijen AS sangat tertarik untuk mengetahui apakah para pemimpin Hizbullah “masih berkomunikasi dengan militer, keamanan, dan pasukan eksekutif di Lebanon setelah perang, dengan pertanyaan tentang bentuk dan isi komunikasi tersebut,” kata seorang pejabat kepada Amin.

Pejabat yang sama mengungkapkan bahwa tim keamanan yang terdiri dari 15 petugas CIA tiba di bandara Beirut Kamis lalu, 10 Oktober, dan bergerak dalam konvoi mobil lapis baja tanpa pelat nomor ke markas besar kedutaan Amerika di Awkar.

Ia menjelaskan bahwa tim tersebut “bergabung dengan sel kerja yang bermarkas di salah satu sayap kedutaan di Beirut, untuk membantu mengelola stasiun Beirut, yang mencakup 12 petugas utama, selain petugas lain dengan spesialisasi berbeda, termasuk merekrut dan mengelola agen, mengumpulkan informasi melalui sarana teknis, dan menganalisis data.”

Pejabat lain mengatakan kepada Amin bahwa direktur baru stasiun CIA di Beirut, Sherry Baker, telah ditunjuk dan bahwa Baker sebelumnya telah berpartisipasi dalam pertemuan dengan pejabat keamanan Lebanon selama kunjungan ke Washington.

Pejabat itu mengatakan dia mengetahui “lima kunjungan kerja oleh perwira Lebanon dari berbagai tingkatan ke Amerika Serikat, yang mengadakan pertemuan dengan pejabat intelijen Amerika di markas besar mereka di Langley.”

Dalam konteks ini, Amin melaporkan bahwa kontak antara CIA dan pejabat keamanan Lebanon mungkin telah memainkan peran dalam upaya terbaru Israel untuk membunuh seorang pemimpin politik Hizbullah, Wafiq Safa.

Pada tanggal 10 Oktober, serangan udara Israel menghancurkan sebuah bangunan perumahan di pusat kota Beirut, menewaskan 22 orang. 

Israel menyatakan bahwa Safa adalah target serangan. Namun, mereka tidak berhasil membunuhnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini