News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Iran Vs Israel

Terpetakan, Lokasi-Lokasi di Iran yang Potensial Jadi Target Serangan 'Segera' Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rudal diluncurkan pada acara Hari Industri Pertahanan Nasional di Iran pada bulan Agustus 2020.

Terpetakan, Lokasi-Lokasi di Iran yang Potensial Jadi Target Serangan 'Segera' Israel

TRIBUNNEWS.COM - Lebih dari tiga minggu setelah Iran menembakkan rentetan rudal ke Israel — beberapa di antaranya berhasil menembus sistem pertahanan udara Israel, dengan satu rudal mendarat di dekat markas besar badan mata-mata negara itu — Iran bersiap menghadapi pembalasan negara Zionis.

Israel menyatakan, 'segera' meluncurkan serangan mereka ke Iran setelah serangan 200-an rudal ke wilayah pendudukan mereka.

Lokasi mana di Iran yang menjadi lokasi serangan Israel?

Baca juga: Menhan Israel: Dunia akan Paham Dahsyatnya Persiapan IDF Setelah Kami Menyerang Iran

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberi tahu Presiden Joe Biden bahwa Israel berencana untuk menyerang target militer Iran, bukan infrastruktur minyak atau fasilitas nuklir, The Washington Post melaporkan. 

Biden mendesak Israel untuk tidak menargetkan fasilitas nuklir Iran dan mencegah serangan terhadap infrastruktur minyak, yang dapat menyebabkan lonjakan harga gas menjelang pemilihan umum AS pada 5 November mendatang.

Sebagai catatan, Iran merahasiakan lokasi-lokasi militer mereka dari publikasi.

Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pernah menyebut kalau Iran telah membangun pangkalan rudal di semua provinsi dan kota di seluruh negeri pada kedalaman 500 meter, dikutip dari wiki.

Pada tahun lalu Garda Revolusi Iran (IRGC) menyatakan membangun sejumlah pangkalan rudal bawah tanah di sepanjang pesisir perairan kawasan Teluk Persia.

Perkiraan Waktu Serangan

Perusahaan Penyiaran Israel, KAN Rabu (23/10/2024) melaporkan, kalau Israel 'dalam waktu dekat' akan menyerang Iran meskipun ada tekanan dari Amerika Serikat yang menyerukan pelonggaran serangan tersebut. 

Perusahaan tersebut menggambarkan situasi saat ini sebagai “salah satu masa paling tegang dan kompleks dalam sejarah Israel.

Baca juga: Iran Terima Lisensi Rusia untuk Produksi Sendiri Jet Tempur Canggih Su-30 dan Su-35 di Dalam Negeri 

”Ini dilakukan dalam rangka persiapan kemungkinan serangan terhadap Iran, sebagai tanggapan atas serangan rudalnya terhadap Israel," kata laporan media tersebut dilansir Khaberni, Kamis (24/10/2024).

Sejumlah kabar menyebut, Israel diperkirakan akan menyerang Iran pada akhir pekan ini, antara Jumat hingga Minggu, setelah sebelumnya membuat persiapan untuk melemahkan pembalasan Iran nantinya.

Dalam persiapan itu, Israel dilaporkan mengebom sejumlah target strategis proksi Iran di Suriah dan Lebanon serta mengeleminasi tokoh-tokoh yang dianggap berkompeten mengarahkan serangan balasan ke Israel nantinya.  
 
"Pihak berwenang melaporkan bahwa serangan Israel terhadap Iran “segera terjadi,” berdasarkan apa yang dikonfirmasi oleh para pejabat Israel yang namanya tidak diungkapkan," kata laporan tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini