News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kesehatan

Jika Tuberkulosis Anak 6 Bulan Belum Sembuh, Adakah Pengobatan Lanjutan? Berikut Ulasan dr Hendra

Penulis: Irma Rahmasari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi tuberkulosis (TB) yang terjadi pada anak, berikut penjelasan dr. Hendra Wardhana, Sp.A mengenai pengobatan tuberkulosis pada anak

TRIBUNNEWS, KESEHATAN - Dokter Spesialis Anak, dr Hendra Wardhana, Sp.A memberikan penjelasan mengenai proses pengobatan tuberkulosis (TB) pada anak.

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Penyakit ini dapat ditularkan oleh penderita TB melalui bantuk atau bersin yang menyebar ke udara. Tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, penyakit ini juga dapat terjadi pada anak-anak

Menurut dr Hendra Wardhana, Sp.A, tuberkulosis (TB) pada anak tidak memiliki gejala khas.

Gejala yang sering ditemui pada anak yang alami TB adalah demam lebih dari dua minggu dengan penyebab tidak jelas, batuk lebih dari dua minggu, hingga berat badan tidak naik selaam 2 bulan atau bahkan turun.

Baca juga: dr. Hendra Wardhana, Sp.A Jelaskan Penyebab hingga Proses Penularan Tuberkulosis pada Anak

Jika mendapati anak mengalami gejala tersebut, maka orangtua harus waspada dan sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak.

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Anak, dr Hendra Wardhana, Sp.A memberikan penjelasan mengenai pengobatan tuberkulosis (TB) pada anak melalui kanal YouTube Tribun Health.

dr Hendra Wardhana, Sp.A menjelaskan, jika anak sudah mengalami gejala seperti di atas, maka nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis.

Pemeriksaan penunjang tersebut adalah foto thorax dan tes tuberkulin kulit atau tes mantoux.

Foto thorax merupakan teknik pencitraan yang cepat dan salah satu alat utama yang memiliki sensitifitas tinggi untuk mendiagnosis TB paru.

Sedangkan tes mantoux dilakukan dengan menginjeksi purified protein derivate (PPD).

Hasil dari pemeriksaan penunjang tersebut kemudian akan dilakukan skoring oleh dokter, jika hasilnya lebih dari 6 maka anak tersebut positif tuberkulosis (TB).

Ketika seorang anak sudah didiagnosis positif tuberkulosis, maka anak tersebut harus melakukan pengobatan selama 6 bulan penuh.

Baca juga: Efektif! Berikut Cara yang Dapat Dilakukan di Rumah untuk Atasi Migrain, Salah Satunya Olahraga

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini