News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Saluran Cerna Anak yang Sehat Punya Peran Cegah Stunting

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A. menyebut bahwa saluran pencernaan anak menjadi pondasi tumbuh kembang di masa mendatang.

Karenanya, dengan menjaga kesehatan pencernaan bisa mewujudkan tumbuh kembang maksimal agar tidak stunting.

Ia menjelaskan bahwa saluran pencernaan merupakan tempat penyerapan nutrisi anak. apabila saluran cerna sehat maka penyerapan makronutrien dan mikronutrien yang optimal.

Diketahui stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi, gangguan absorbsi (penyerapan nutrisi) maupun penyerapaan nutrisi secara berlebihan.

“Anak pertama kali mengenal dunia sekitar bukan dengan melihat, melainkan melalui saluran cerna. Jika saluran pencernaan sehat maka bisa dipastikan anak bertumbuh dengan kecerdasan kognitif maksimal,” ujar dia dalam peringatan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dokter Kanya menerangkan, salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna adalah memenuhi probiotik yang termasuk bakteri baik dalam usus.

Baca juga: Angka Stunting Masih Tinggi, HNW Minta Implementasi UU KIA Dipercepat

Probiotik memberikan manfaat kesehatan pada lambung dan usus, serta juga bisa meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh.

Konsumsi probiotik juga membantu perkembangan kesehatan otak si kecil.

“Saat baru lahir, saluran cerna yang masih polos harus terisi dengan kuman baik atau probiotik. Selain untuk merangsang pembentukan vitamin K, juga untuk berjaga dan bertahan terhadap serangan kuman jahat di lingkungan sekitar si bayi,” urai dia.

Kemudian memasuki fase oral pada bayi adalah fase yang paling mendebarkan untuk orang tua.

“Dimasa ini anak sedang mengenal dunia dan mempersiapkan dirinya untuk MPASI, tapi di sisi lain, khawatir bahaya diare berulang mengancam. Pada fase ini tidak ada salahnya menggunakan probiotik, untuk memastikan tentara tubuh dan kuman baik saluran cerna selalu dalam keadaan terbaik untuk berjaga-jaga melawan kuman jahat,” jelas dr. Kanya.

Upaya untuk menekan angka stunting pun menjadi fokus perusahaan farmasi Kalbe Farma.

“Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam hal kesehatan anak, terutama dalam program stunting. Bukan saja melalui penyediaan produk seperti probiotik  dan vitamin D3, tetapi juga dengan konsisten menyenggarakan kegiatan edukasi bagi para orang tua ,” ujar Pharma Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk, dr. Selvinna, M.Biomed.

Dunia anak disebut dengan dunia bermain, yang membantu anak mengeksplorasi dan belajar banyak hal di sekitarnya.

Proses belajar tersebut dapat berjalan baik dengan mood dan imun tubuh anak yang optimal. 

Selain jam tidur, imunisasi, menjaga higienitas, serta pemenuhan asupan makronutrien dan mikronutrien, vitamin D juga berperan penting dalam menjaga kesehatan anak.

“Vitamin D berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang dan imunitas anak, yang merupakan elemen krusial dalam mencegah stunting. Kami berharap dapat membantu para orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak secara optimal,” tambah product Executive Child PT Kalbe Farma Tbk, apt. Bernadeta Pratika Yudi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini