News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teknologi VATS Jadi Harapan Baru Pengobatan Penyakit Paru

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi organ paru-paru

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Penyakit paru-paru merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi masyarakat saat ini.

Seiring perkembangan teknologi medis, berbagai inovasi terus dikembangkan untuk memberikan perawatan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Salah satu teknologi yang kini semakin populer dalam bidang bedah toraks adalah Video-Assisted Thoracoscopic Surgery (VATS).

Baca juga: Sakit pada Jantung, Paru-Paru dan Lambung Bisa Buat Nyeri Dada, Ini Cara Membedakannya 

Ahli pulmonologi, Prof Dr dr Allen Widysanto SpP mengatakan, VATS adalah teknik bedah minimal invasif yang memungkinkan dokter melakukan prosedur melalui sayatan kecil menggunakan kamera dan peralatan khusus untuk meminimalkan trauma pada tubuh pasien. 

"Teknik ini terbukti mampu mempercepat waktu pemulihan, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi risiko komplikasi jika dibandingkan dengan metode bedah konvensional karena sayatannya kecil," katanya kepada wartawan di Tangerang Banten, Kamis (10/10/2024). 

Selain itu, kata dokter Spesialis Paru Siloam Hospitals Lippo Village ini, VATS juga membantu dalam mendeteksi dan menangani berbagai penyakit paru, seperti kanker paru, infeksi, dan penyakit lainnya sehingga memberikan keuntungan yang signifikan bagi pasien. 

“Teknik ini memungkinkan kami untuk melakukan pengobatan dengan cara yang lebih nyaman bagi pasien, mempercepat pemulihan, dan mengurangi risiko komplikasi pascaoperasi,” ungkapnya.

Metode VATS bisa diterapkan tanpa memperhatikan umur pasien namun dokter  harus mengetahui kondisi paru-paru pasien.

“Kalau kanker paru masih stadium awal dan cepat didiagnosa disarankan melakukan operasi melalui VATS saja,”  ucapnya.

Sementara dr. Maulidya Ayudika Dandanah, SpBTKV (K), FIHA, spesialis bedah kardiotoraks dan vaskular menambahkan, VATS adalah langkah maju dalam pengobatan penyakit paru dan rongga dada.

"Prosedur ini memungkinkan kami untuk menangani berbagai kondisi paru dan rongga dada dengan lebih efisien dan cepat, membantu pasien untuk kembali ke kehidupan normal mereka,” katanya.

Prosedur VATS mencerminkan kemajuan dalam pengobatan penyakit paru yang menekankan pendekatan yang lebih presisi dan berpusat pada pasien.

"Melalui prosedur minimal invasif ini, pasien mendapatkan pilihan perawatan yang lebih efektif, sayatan lebih kecil, rasa nyeri yang minimal, pemulihan lebih cepat dan dalam kasus di mana pendeteksian dini dapat dilakukan," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini