News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Muslim Lifefest 2023, Upaya Bangun Sinergi Umat Dorong Potensi Produk Halal dan Industri Syariah

Penulis: Willem Jonata
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana penyelenggaran Muslim Lifefest 2023 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD), 25-27 Agustus 2023.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muslim Lifefest 2023 menjadi gelaran event muslim terbesar.

Sebab, ajang itu didiikuti 250 exhibitor dari 14 kategori dan digelar selama tiga hari, 25-27 Agustus 2023 di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD).

Di areal seluas 10.000 meter persegi terdapat ratusan tenant yang menampilkan berbagai kebutuhan produk halal berkualitas.

Mulai dari modest fashion, aksesoris muslim, wedding islami, thibbun nabawi herbal, FMCG, produk anak, hobbies and and communities, pendidikan islami, islamic book & publisher.

Termasuk perlengkapan rumah, travel haji & umrah, institusi keuangan, kosmetik halal, hingga kuliner halal aman dan sehat.

Dalam sambutannya, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS, Dr. Taufik Hidayat, M.Ec mengapresiasi Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bersama Lima Event selaku penyelenggara.

Mereka, menurut Taufik, memiliki komitmen dan konsisten sejak 2019 menggerakkan potensi ekonomi sektor riil produk halal dan industri syariah di berbagai daerah.

“Upaya ini tentu harus kita dorong sepenuhnya dalam penyiapan produk-produk halal UMKM yang berkualitas,” tandas Taufik Hidayat.

Dia menekankan tentang pentingnya pameran sebagai sebuah ekosistem yang memperkuat rantai nilai halal dalam pengembangan ekonomi syariah secara holistik.

“Muslim Lifefest menjadi ajang untuk membangun sinergi antar pelaku usaha dengan berbagai pihak sekaligus edukasi tentang pentingnya sertifikasi halal secara lebih terintegrasi dan meluas.”

Taufik Hidayat juga mengimbau kepada seluruh pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikasi halal, untuk terus meningkatkan kualitas dan memelihara standar mutu yang berlaku. Mengingat pasar halal global sangat menjaga mutu.

Indonesia memiliki standar halal dan sistem jaminan halal yang menjadi referensi/patokan lembaga sertifikasi halal dunia, yakni HAS23000.

Ini merupakan salah satu kekuatan Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Sementara itu Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Rachmat Surtanas Marpaung mengatakan pameran Muslim LifeFest menjadi salah satu barometer untuk melihat tren yang berkembang karena perilaku konsumen yang begitu cepat berubah.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini