News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Paham Visi Misi Jokowi, Erick Thohir Dinilai Berpotensi Teruskan Kepemimpinan RI

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri BUMN Erick Thohir saat ditemui di Menara Danareksa Jakarta, Kamis (20/7/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Paham dengan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Menteri BUMN Erick Thohir berpotensi menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

Peneliti Senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Fetra Ardianto mengatakan, kedekatan yang terjalin di antara Erick Thohir dan Presiden Jokowi memang terbukti menjadi sebuah sinyal dukungan dan kepercayaan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Fetra menambahkan, di akhir masa jabatannya, Presiden Jokowi membutuhkan sosok yang paham dengan visi misi maupun cetak biru pemerintahan saat ini untuk dilanjutkan oleh figur yang tepat.

Maka dari itu, Fetra meyakini menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi itu merupakan pemimpin yang tepat untuk melanjutkan visi, misi serta gagasan yang sudah dicanangkan.

“Selain untuk melanjutkan berbagai program kerja pemerintahan sebelumnya, Jokowi pasti membutuhkan orang yang berpengalaman dan paham dengan visi misi, tujuan akan gagasan yang ada dari pemerintahan Jokowi untuk kedepannya, dan dalam hal ini sosok tersebut ya Pak Erick Thohir,” kata Fetra, ketika dihubungi, Minggu (20/8/2023). 

Erick Thohir digadang-gadang sebagai salah satu sosok kuat yang bisa memahami visi dan juga misi Presiden Jokowi. Hal itu terbukti dari berbagai kepercayaan yang diberikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu kepada Ketua Umum PSSI tersebut. 

Satu di antaranya adalah membenahi Kementerian BUMN.

Sebagai salah satu menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi, Erick Thohir sukses mengemban tugas dalam rangka melakukan transformasi Kementerian BUMN menjadi lebih baik dan memberantas korupsi yang ada di dalamnya. 

Prestasi Anggota Kehormatan Banser NU itu semenjak menukangi Kementerian BUMN memang terbukti berbuah hasil positif, hal itu terlihat dari kenaikan laba yang konsisten setiap tahunnya.

Tercatat pada tahun 2020, induk perusahaan pelat merah itu berhasil mendapatkan laba sebesar Rp13 triliun, kemudian melonjak menjadi Rp124 triliun pada tahun 2021. 

Lalu, puncaknya adalah pada tahun 2022, Kementerian BUMN berhasil memperoleh laba sebesar Rp303 triliun. Tak hanya turut menyumbangkan jumlah laba terbesar di Kementerian BUMN, Erick Thohir juga mempunyai andil besar dalam melakukan bersih-bersih di Kementerian BUMN. 

Ia berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi seperti di Jiwasraya, ASABRI, Garuda Indonesia, Waskita hingga Pelindo. Maka dari itu, Fetra menyimpulkan Erick Thohir merupakan sosok yang layak untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. 

Tak hanya itu, kapasitas Erick Thohir sebagai seorang profesional dan berpengalaman menjadi amunisi yang tepat untuk mendampingi capres yang akan berpasangan dengannya pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Peluang Erick Thohir Duet dengan Prabowo Kian Besar untuk Pilpres 2024

“Menurut saya sangat layak, karena kita tahu bersama selain Pak Erick sangat dekat dan akrab dengan Jokowi, Pak Erick Thohir dalam hal ini memiliki jiwa profesionalitas kerja serta pengalaman luar biasa di dalam pemerintahan yang tidak perlu diragukan lagi,” pungkas Fetra.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini